Satu-satunya Bakal Calon Independen Bupati, Pasangan Yuhendar – Yotam Ajukan Dokumen Perbaikan ke KPU Yapen

SAIRERINEWS.COM – Pemilu Serentak Kepala Daerah Gubernur, Walikota dan Bupati yang dijadwalkan 27 November 2024 mendatang, tahapan nya terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Salah satu tahapan nya adalah pendaftaran dan verifikasi dokumen syarat bakal calon Bupati perseorangan atau independen Bupati Kepulauan Yapen.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Hadir langsung di kantor KPU Yapen, satu-satunya pasangan bakal calon Bupati Yuhendar Muabuai dan Yotam Ayomi mengantar dokumen perbaikan dukungan kepada KPU. Jumat, 7/6/2024.

Diantar oleh ketua tim Sahabat Relawan YY, Herman Tanawani dan ratusan pendukungnya dengan arak-arakan sembari menyanyikan puji-pujian bahasa daerah menuju kantor KPU, bakal calon bersama rombongan diterima langsung oleh Ketua KPU Yapen Zakeus Rumpedai dan anggota KPU lainnya.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh ketua KPU Zakeus Rumpedai bahwa berdasarkan tahapan yang ada, pasangan Yuhendar Muabuai dan  Yotam Ayomi adalah satu-satunya pasangan yang mendaftar jalur perseorangan dan telah mengajukan dukungan KTP.

“Bakal calon telah mengajukan syarat pendaftaran beberapa waktu lalu. Dari dukungan KTP yang diajukan, telah di upload ke aplikasi SILON, sehingga ada beberapa dokumen perbaikan dan hari ini pasangan bakal calon telah membawa perbaikan tersebut untuk kami verifikasi sebagaimana tahapan yang ada” ucap Ketua KPU Yapen.

Zakeus juga menyampaikan bahwa setelah diterima dokumen perbaikan, baik fisik dan dokumen SILON, KPU diberikan waktu kurang lebih 10 hari, terhitung  8 sampai 18 Juni 2024 untuk waktu verifikasi perbaikan dukungan tersebut dan selanjutnya akan melakukan tahapan verifikasi faktual jika telah terpenuhi.

Disaksikan oleh Bawaslu Yapen Salmon Robaha, ketua tim Herman Tanawani menyerahkan dokumen perbaikan kepada KPU.

Usai menyerahkan, Yuhendar Muabuai menyampaikan terimakasih nya kepada KPU dan jajaran yang telah menerimanya dengan baik, sehingga proses tahapan terus berjalan.

“Terimakasih kepada KPU yang telah menerima kami dengan baik. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Yapen yang telah mendukung saya. Bersama Tuhan dan rakyat, saya siap bertarung di Pilkada 27 November 2024 mendatang. Saya Harap KPU Yapen dapat kerja tahapan ini dengan baik dan lancar” ujar Yuhendar Muabuai

Untuk diketahui bahwa syarat dukungan perseorangan atau independen 10% dari jumlah DPT yang ada di kabupaten Kepulauan Yapen, yaitu 81.879 daftar pemilih tetap dalam 10% nya adalah 8.700 dukungan. Pasangan Yuhendar – Yotam telah melampaui jumlah tersebut yakni 9.608 yang tersebar di 17 distrik se kabupaten Kepulauan Yapen. (*)

error: Konten dilindungi !!!