Bawaslu Yapen Limpahkan Seleksi PKD Langsung di Distrik ! Hari ini Pandis Anotaurei Seleksi Wawancara 33 Orang Calon

Pandis Anotaurei
Pandis Anotaurei : Caroline Worumi -Ardiles Warkawani - Tony Roy Ayomi

SAIRERINEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Yapen melakukan tahapan perekrutan Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kelurahan/Desa atau Kampung (PKD) dalam rangka pemilihan umum serentak Gubernur/Walikota/Bupati 27 November 2024 mendatang.

Bawaslu kabupaten Yapen telah melakukan seleksi penerimaan administrasi, tes tertulis dan kini memasuki tahapan akhir tes wawancara, Bawaslu kabupaten melimpahkan tugas untuk seleksi langsung di setiap distrik oleh Panwaslu Distrik (Pandis).

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Ketua Bawaslu, Hofni Mandripon saat ditemui di kantor Bawaslu Yapen, jalan Transito KPR Serui mengatakan bahwa Bawaslu terus evaluasi dan bebernah diri, untuk itu seleksi PKD dilimpahkan ke Pandis setempat agar mereka tau pasti orang-orang yang ada diwilayahnya.

“Kami terus evaluasi dan berbenah. Salah satu evaluasi kami adalah sebelum-sebelumnya ada PKD yang tinggal di kampung lain, lulus di kampung lain ! ini soal yang hari ini kami benahi. Oleh sebab itu, Pandis’lah yang kami berikan wewenang untuk seleksi wawancara, agar mereka yang lebih tau calon-calon dari wilayah kerja mereka” tutur Ketua Bawaslu Yapen, Selasa 4/6/2024.

Hofni menambahkan bahwa seleksi PKD terbuka dan transparan serta berbasis online, terus dilakukan agar permasalahan-permasalahan di masyarakat dapat teratasi demi pengawasan bersama pemilihan umum.

“Poin lainnya dalam evaluasi Bawaslu Yapen adalah masalah jarak tempuh dari distrik ke kota untuk seleksi. Daripada mereka harus dari kampung ke distrik dan ke kota Serui untuk seleksi, tentunya akan menguras energi dan transportasi yang belum tentu juga mereka lulus. Oleh sebab itu, kami membuka lakukan seleksi calon PKD dilangsungkan di masing-masing distrik” jelasnya.

Sementara itu, jadwal tahapan tes wawancara seleksi PKD yang terjadwalkan hari ini, Selasa 4 Juni 2024 telah dilangsungkan di sejumlah distrik termasuk di Distrik Anotaurei yang berlangsung di Sekertariat Panwas Distrik Anotaurei , jalan Moh. Toha Anotaurei.

Ketua Pandis Anotaurei - Ardiles Warkawani
Ketua Pandis Anotaurei – Ardiles Warkawani

Ketua Pandis Anotaurei Ardiles Warkawani saat ditemui mengatakan bahwa seleksi wawancara ini sesuai dengan mekanisme Tahapan yang diterima dari Bawaslu kabupaten.

“Hari ini kami seleksi wawancara tersebut kepada 33 orang peserta calon PKD dari 7 kampung dan 1 kelurahan yang ada di distrik Anotaurei. 33 orang calon PKD akan diseksi menjadi 8 orang untuk kebutuhan di 7 kampung dan 1 kelurahan sesuai kuota” ujar Ardiles Warkawani .

Lanjut Warkawani¬† “seleksi ini di lakukan selama dua hari hari ini dan besok.Tes wawancara ini secara panel oleh saya sendiri Ardiles Warkawani selaku ketua, kordiv SDM Caroline Worumi dan kordiv pengawasan Tony Roy Ayomi kordiv Penindakan. Kami meminta dukungan dan kerjasama dari semua peserta yang ada, khusus di distrik Anotaurei untuk bersama kami memberikan saran, laporan masyarakat dan juga menerima hasil seleksi ini dengan baik, karena semua ini telah transparan diseleksi secara online dan terbuka. Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu !”ajaknya. (*)

 

Jurnalis Warga : Iqi Aninam
Editor : Cindy Wayeni

error: Konten dilindungi !!!