Peluncuran Pilkada Gubernur Papua, Pj Gubernur dan KPU Ajak Jaga Keamanan dan Ketertiban

SAIRERINEWS.COM – Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2024 Sabtu malam 24 Mei 2024 yang di selenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum berlangsung meriah. Hadirnya beberapa artis menjadi daya tarik masyarakat untuk tumpah ruah dalam kegiatan tersebut.

Gubernur Papua dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt . Asisten 1  Bidang Pemerintahan Sekda Papua Yohanes Walilo, S.Sos  mengatakan pada Pilkada serentak tanggal 27 November nanti kita mendapatkan pemimpin yang memiliki legitimasi yang kuat sesuai penetapan PKPU Nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024. Adanya peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak nanti juga diharapkan akan dapat mendorong kualitas demokrasi masyarakat, melihat partisipasi Pemilihan Umum pada 14 Februari 2024 yang lalu secara nasional  sangat positip tercatat  di atas 81 % dari jumlah Pemilih.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Lebih lanjut dikatakan Pemerintah berharap kepada seluruh KPU ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk bekerja sesuai dengan ketentuan perundang – undangan yang ada sehingga potensi – potensi konflik bisa diminimalisir saat pilkada nanti. NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah ) sudah ditandatangani, segera lakukan pencairan mengingat tahapan persiapan sudah dimulai.

Menutup sambutannya, Gubernur berharap agar pada pilkada nanti peserta pilkada melalui partai politik pengusungnya agar dapat menjaga kestabilan keamanan dengan mengkondisikan para pendukungnya untuk tidak bertindak diluar ketentuan perundang – undangan dan bagi kita semua yang terpenting adalah melakukan tugas dan fungsi kita masing – masing  sehingga Pilkada serentak nanti dapat berjalan dengan lancar.

Dikesempatan yang sama Ketua Umum KPU Provinsi Papua Steve Dumbon mengatakan KPU telah melaksanakan tahapan – tahapan persiapan di seluruh Tanah Papua yang terus berlanjut sampai dengan bulan Agustus dengan menerima pendaftaran Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur hingga pemilihan tanggal 27 November 2024. Steve Dumbon juga mengajak untuk bersama sama memelihara keamanan dan ketertiban serta ikut membantu proses tahapan kepala daerah ini.

“ Tanggal 27 November nanti kita akan memilih Gubernur-  Wakil Gubernur, Walikota – Wakil Walikota mupun Bupati –  Wakil Bupati yang terbaik sesuai dengan pilihan dan keinginan rakyat juga juga sesuai dengan pilihan Tuhan “ tutupnya.

Hadir dalam kegiatan peluncuran ini anggota KPU RI Muhammad Mahmudin, seluruh ketua KPU Provinsi di Tanah Papua, Ketua MRP dari 6 Provinsi Pemekaran, Forkopimda, Pj. Bupati jayapura, Ass 1 Bupati Supiori, Bawaslu serta mitra KPU. (*)

PAPUA.GO.ID

error: Konten dilindungi !!!