Beri Rasa Nyaman, Polres Yapen Kawal Massa yang Datangi Bawaslu Yapen

SAIRERINEWS.COM – Polres Kepulauan Yapen memgawal massa aksi yang datang ke kantor Bawaslu Yapen, Sabtu Sore hingga malam hari 9/3/2024.

Wakapolres Kompol Nursalam Saka mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh masyarakat yang datang menduduki kantor Bawaslu adalah aspirasi, sehingga polres Kepulauan Yapen memgawal guna memberikan rasa nyaman dan aman.

“Kami polres Kepulauan Yapen seperti waktu-waktu tahapan pemilu kami telah melakukan pengawalan. Ada anggota jaga, Gakkumdu dan juga patroli rutin, untuk hari ini kami melakukan penebalan anggota saja guna menjaga situasi yang ada” ujarnya.

Wakapolres menyampaikan bahwa para caleg yang merasa dirugikan atas hasil pleno PPD di distrik Yapen Barat dan Raimbawi datang melaporkan dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi.

“Tadi kami turut mengikuti pertemuan dengan ketua Bawaslu dan Anggota, juga pa Boy Markus Dawir, Pa Ketua DPRD Yohanes Raubaba, pa Ade Yullen Banua dan juga caleg partai lainnya yang meminta Bawaslu Yapen menyikapi apa yang mereka laporkan. Sehingga kami berharap semua dapat berjalan dengan baik dan aman, agar yang diambil oleh Bawaslu dapat menghadirkan KPU untuk mencari solusi bersama” harapnya.

Massa yang datang kurang lebih seratusan orang ini mengeluhkan kejanggalan yang terjadi di PPD Yapen Barat dan PPD Distrik Raimbawi yang banyak merubah suara dari tingkat pleno Distrik dan berubah di pleno Kabupaten.

Massa juga mengeluhkan perilaku PPD yang tidak memberikan salinan C-Hasil dan D-Hasil kepada saksi partai sebagaimana ketentuan yang berlaku dalam pemilu.

Pantauan sairerinews.com Massa dalam koridor aman dalam pengawasan aparat kepolisian dan TNI.

Hingga jam 8 malam, Bawaslu telah menyiapkan perangkat sidang administrasi cepat sebagaimana ketentuan dan petunjuk Bawaslu untuk menghadirkan KPU Yapen, Pelaporan dan Saksi. (*)

error: Content is protected !!