Gelar Simulasi Pencoblosan di TPS, KPU Yapen Dapat Apresiasi Masyarakat

SAIRERINEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah kabupaten Kepulauan Yapen menggelar simulasi pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) yang berlangsukan di lapangan Trikora (alun-alun) Serui Kota, Sabtu, 10/2/2024.

Simulasi yang digelar ini mendapat apresiasi dari masyarakat yang hadir menyaksikannya. Simulari yang dipraktekan oleh KPPS TPS 10 Kelurahan Anotaurei ini di saksikan langsung oleh KPU, Bawaslu, Peserta Pemilu, TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat umum.

“Kami sangat berterimakasih kepada KPU karena dapat menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS. Kami bisa mengetahui alurnya, mulai dari harus lebih dulu melihat dan melapor nama, mendaftar, mendapat surat suara, ke bilik suara coblos, masukan di kotak suara hingga selesai dengan celup jari di tinta. Tidak hanya itu kami juga menyaksikan bagaimana KPPS dan saksi partai politik menghitung surat suara hingga menginputnya di aplikasi Sirekap” tutur Cici warga dari distrik Anotaurei.

“Saya melintas di jalan ini, saya lihat ada orang mencoblos. Saya nonton ternyata ini contoh kalau kita di TPS besok nanti seperti ini. Kegiatan ini baik sekali, saya yang tidak tau menjadi tau” tutur Herman, warga kelurahan Serui Kota yang baru terdaftar sebagai pemilih pada pemilu 2024 ini.

Ketua KPU kabupaten Kepulauan Yapen, Zakeus Rumpedai dalam sambutannya mengatakan terimakasih atas kerjasama semua staf KPU, KPPS TPS 10 Kelurahan Anotaurei, Bawaslu dan para undangan serta masyarakat.

“Kami KPU mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan simulasi ini. Kiranya menjadi bahan edukasi kepada semua. Terimakasih juga kami ucapkan kepada undangan yang hadir, serta kerja staf KPU dan Bawaslu Yapen. Simulasi ini kita lakukan sebagaimana tahapan kerja-kerja KPU, sekiranya memberikan gambaran bagaimana di TPS nanti pada tanggal 14 februari” ujar Rumpedai.

Simulasi ini berjalan baik dan saksikan oleh pemerintah daerah, Dandim 1709 Yawa, Polres Kepulauan Yapen dan Bawaslu. (*)

error: Content is protected !!