Diskusi Bersama Wartawan, Bawaslu Yapen Ingin Terus Tingkatkan Fungsi Pengawasan

SAIRERINEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Kepulauan Yapen melakukan pertemuan diskusi santai bersama awak media yang berada di kabupaten Kepulauan Yapen, Minggu 4/2/2024.

Bertempat di Pasir Hitam (Angkasa Putih) distrik Yapen Selatan, hadir langsung Ketua Bawaslu Yapen Hofni Mandripon, Anggota Salmon Robaha, Herold Jandedai dan sekretaris Bawaslu Agung Sismanto dan sejumlah wartawan.

“Kami Bawaslu lakukan hal ini dengan tujuan adanya kolaborasi dengan rekan-rekan wartawan. Baik media online dan juga media elektrok seperti RRI dan TVRI” ujar sekretaris Agung Sismanto.

Ketua Bawaslu Hofni Mandripon dalam diskusi mengatakan bahwasanya peran media cukup penting dalam publikasikan edukasi pemilu, guna meningkatkan fungsi pengawasan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi ke sejumlah masyarakat di Yapen. Kami inisiasi dalam Satu Jam Bersama Bawaslu. Kami sudah sentuh masyarakat” ujar Mandripon.

Salah satu wartawan Richard Situmorang, dalam diskusi ini mengajak Bawaslu untuk libatkan media secara berkelanjutan agar fungsi pengawasan dapat terus di kawal dan kerja penyelenggara pemilu dapat terekspos ke masyarakat.

“Kami awak media siap berkolaborasi dengan Bawaslu dan juga penyelenggara pemilu yang lain. Kerja pengawasan harusnya melibatkan elemen-elemen yang bersinergi” ujarnya.

Senada dengan itu, Jo Nussy juga menyampaikan kepada Bawaslu.

“Wartawan siap, ada wartawan media online website tapi juga media elektronik RRI dan TVRI. Silahkan sekretariat Bawaslu Yapen sikapi. Kami siap publikasikan berita kegiatan Bawaslu, poster-poster edukasi pencegahan pemilu dan juga tindak penyelesaian sengketa pemilu” ujar Nussy.

Pertemuan ini juga Bawaslu Yapen menyampaikan bahwa wartawan kawal pemberitaan menjelang masa tenang, yakni tanggal 11, 12 dan 13 Februari untuk nantinya 14 februari hari pencoblosan pemberitaan peserta pemilu tidak di publikasikan.

Akhir dari kegiatan ini, sekretariat Bawaslu Yapen dan wartawan membentuk grup whatsapp dengan tujuan komunikasi dan koordinasi bersama untuk pemberitaan. (*)

 

error: Content is protected !!