Bawaslu Himbau KPU Yapen agar dapat membuat Timline Logistik Pemilu

Ketua Bawaslu Yapen - Hofni Mandripon

SAIRERINEWS.COM – Logistik Pemilu adalah unsur utama dalam Penyelengggara Pemilu termasuk pada Pemilu Serentak 14 Februari 2024 nantinya.

Oleh karena itu dalam Pengelolaannya harus tepat jumlah, tepat Jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, dan efisien.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Yapen Hofni Y. Mandripon saat dikonfirmasi oleh Media Senin, 29 Januari 2024 disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Nasional di Semarang-Jawa Tengah menyampaikan terkait Logistik Pemilu di Kabupaten Kepulauan Yapen, Bawaslu telah memberi Saran secara tertulis ke KPU Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Jadi tentu kita tau Logistik Pemilu ini sangat penting sekali, apalagi Kepulauan Yapen ini dengan wilayah yang cukup begitu Luas. Ini tentu membutuhkan teknis Pengaturan Logistik secara baik. Bawaslu sendiri melalui Surat kami Nomor: 029/PM.00.02/K.PA-10/01/2024 telah memberikan Saran ke KPU Yapen agar membuat Time Line dan upaya Mitigasi Pengelolaan Logistik. Hal ini dimaksudkan agar ada target waktu yang dibutuhkan dalam mempersiapkan Logistik Pemilu hingga nanti pendistribusiannya ke Tingkat Distrik, Kelurahan/Kampung, bahkan TPS” jelasnya.

Hofni menambahkan dari hasil Sortir dan Pelipatan Surat Suara sendiri, berdasarkan catatan hasil Pengawasan Tim yang di Lapangan dan Pencermatan Bawaslu Yapen dimana terdapat beberapa Jenis Surat Suara yang dikategorikan Rusak sehingga adanya kekurangan dari Jumlah Kebutuhan yang ada.

“Perlu diketahui bahwa dari hasil Sortir dan Pelipatan Surat Suara kemarin sendiri tentu ada Surat Suara yang Rusak dan Bawaslu telah melakukan Pencermatan, terutama terhadap jumlah kebutuhan Logistik yang ada, dimana terdapat beberapa kekurangan pada Jenis Surat Suara namun kami sendiri telah memberikan saran ke KPU Yapen untuk segera melakukan Proses Pelaporan secara Silog, untuk segera dilakukan proses pemenuhan kebutuhan tapi juga meminta KPU Yapen agar segera melanjutkan proses Pengepakan dan Pengemasan dengan memperioritaskan wilayah-wilayah distrik yang jauh” jelas Mandripon.

Ia menegaskan membuat Time line, Skenario Pendistribusian dan upaya mitigasi dalam Persiapan Logistik Pemilu hingga Pendistribusian menjadi bagian yang penting diperhatikan oleh KPU Yapen;

“Jadi kalau kita mau bilang Logistik Pemilu kita harus tepat jumlah, tepat Jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, dan Efisien. Ya, harus ada Time linenya, ini menjadi penting yang harus dan perlu dipersiapkan oleh KPU Yapen” tutupnya. (*)

error: Konten dilindungi !!!