Plt Direktur PT Yamase Erny Tania Ajak Semua Pihak Dukung Produksi Ikan Baramundi Sebagai Sumber PAD

SAIRERINEWS.COM – Pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Yapen bersama PT Yapen Mandiri Sejahtera (Yamase) terus berupaya produksi ikan Baramundi.

Pelaksana tugas (Plt) direktur PT Yamase Erny Renny Tania, S.IP mengajak semua pihak untuk dapat mendukung produksi ikan Baramundi agar menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Kepulauan Yapen dari sektor perikanan.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Beberapa permasalahan yang dihadapi telah mendapat asitensi dan bimbingan dari Komisi Barramundi Nasional saat berkunjung langsung ke Hatchery PT. Yamase 18 sampai 20 Januari 2024.

“Ternyata sebetulnya permasalahannya secara teknis minor, dari mulai indukan kemudian sarana dan sumber daya manusia” kata Imam Kadarisman dari Komisi Barramundi Nasional.

Untuk itu Erny Tania menjelaskan sebagai plt direktur dirinya mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan Hatchery dan turun langsung melihat kesiapan bibit-bibit yang sudah ada.

” Kamis 18 Januari 2024 beberapa konsultan sudah datang dan melihat Hatchery kami di Yapen serta melakukan survei langsung kesiapan nelayan kita yang berada di kampung-kampung. Kami merasa gembira karena usai melihat dan melakukan survei kesiapan nelayan, konsultan langsung pulang pada hari Sabtu 20 Januari 2024, dan pada Rabu 24 Januari 2024 ikan Baramudi yang kami rawat sudah bertelur” ucap Erny Tania, dilansir dari kepyapenkab.go.id.

Ia juga memberitahu beberapa waktu lalu dalam tugas dinas yang lain tetapi bisa sempatkan diri bersama Pj Bupati dan beberpa kepala OPD mampir ke kementerian kelautan dan perikanan bertemu Direktur budidaya dan berbicara tentang masalah dan kekurangan yang ada di Hatchery PT.Yamase.

“Kami sangat berterimakasih kepada tim yang sudah datang memberikan pelatihan walaupun hanya beberapa hari bisa memberikan dampak yang sangat bagus, hingga ikan-ikan kami bisa bertelur dan kurang lebih ada 2 juta larva. Mungkin beberapa waktu lalu ada hal-hal yang belum di perhatikan sehingga ikan susah untuk bertelur” jelasnya.

Kabar gembira juga bagi masyarakat Yapen, dan kedepanya ia minta dukungan dari semua pihak, terutama Kepala-Kepala Kampung di pesisir Yapen yang sudah memiliki keramba ikan, agar dari dana Kampung pemberdayaam ekonomi masyarakat dapat membili bibit ikan-ikan ini, sehingga dapat di budidayakan pada keramba yang ada untuk dipanen dan dijual.

Setelah itu, ikan-ikan tersebut besar bisa langsung menjual ke pasar atau dapat kembali ke PT.Yamase dan kami siap membatu mencari pasaran, sehingga perekonomian dapat berputar di masyarakat.

Untuk itu, Erny Tania meminta  dukungan dari Pj Bupati, Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kepulauan Yapen, agar ada anggaran yang bisa memulai langkah awal maju dan dapat menambah PAD di Yapen, pintahnya.

Untuk diketahui, Penjabat Bupati Welliam Manderi SIP, M.Si., menujuk Sekertaris Daerah Kepulauan Yapen Erny R Tania S.IP., tertanggal 1 Desember 2023 dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di angkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PT. Yapen Mandiri Sejahtera (Yamase) beberapa waktu ke depan. (*)

Sumber : kepyapenkab.go.id

error: Konten dilindungi !!!