280 Miliar Dana Pemilu Serentak 2024 Disepakati Pemprov dan DPR Papua

SAIRERINEWS.COM – Guna mendukung pelalsanaan pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, baik Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan juga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Papua yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang maka DPR Papua bersama Pemerintah Provinsi Papua telah sepakati dana sebesar Rp. 280 Milyar yang bersumber dari APBD Provinsi Papua tahun anggaran 2024.

Dana sebesar itu nantinya digelomtorkan ke lembaga penyelenggara Pemilu yakni KPU Provinsi Papoua, Bawalu Provinsi Papua, Kesbangpol Papua, dan dana pengamanan/keamanan pelaksanaan Pemilu 2024 di Provinsi Papua.

” Tadi untuk dana Pemilu kita sudah sepakat bersama ekskutif bahwa ada pembiayaannya dan sudah disepakati sesuai dengan aturan bahwa harus disiapkan tahun 2024 dan sudah ada kepastian bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran Pemilu bagi penyelenggara pemilu, sesuai dengan rapat bersama antara KPU, Bawaslu dan Kesbang dan itu telah disepakati kurang lebih Rp. 280 milyar. Dana sebesar itu nanti di kelola oleh KPU, Bawaslu, Kesbangpol dan juga pihak keamanan,” jelas Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw,SE, Rabu, (17/01/2024) kemarin.

Anggaran atau dana untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Provinsi Papua telah disiapkan total mencapai sebesar Rp 280 miliar.

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE menjelaskan Kepastian dana Pemilu baik untuk penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu Provinsi Papua dan keamanan itu, setelah rapat Badan Anggaran DPR Papua dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Papua di Ruang Banggar DPR Papua, Rabu, 17 Januari 2024 malam.

Bahkan kata JBR sapaan akrab Jhony Banua Rouw bahwa dalam rapat Banggar, TAPD telah mempresentasikan alokasi dana Pemilu 2024, sehingga dapat dipastikan Pemilu 2024 di Papua dapat berjalan lancar.

“ Iya dalam rapat tadi sudah disampaikan kepada kami dan sudah kami sepakati bahwa Pemilu 2024 semua dana dipastikan sudah siap, termasuk Bawaslu dan Keamanan, semua sudah disiapkan kurang lebih Rp 280 miliar kita siapkan untuk pemilu jadi kita Pemilu di Papua berjalan lancar dan damai tentunya,” Ujarnya

Ditambahkan politisi NasDem Papua ini bahwa pihaknya juga ingin memastikan ketersediaan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu di Provinsi Papua dan Pemprov Papua sudah memberikan kepastian ketersediaan dan kesiapan dana pemilu tersebut.

“Di kita ada non tahapan dan tahapan. Yang non tahapan tidak ada masalah, sehingga urusan KPU dan eksekutif. Intinya ketersediaan anggaran Pemilu sudah ada, kami pastikan itu ada makanya kami tanyakan ke eksekutif, hari ini sudah 100 persen sesuai permintaan mereka. Artinya dana tahun 2023 dan 2024 sudah dipadukan dan totalnya sudah dianggarkan Pemprov Papua,” tutupnya.

Sumber : Humas DPR Papua (AW/LS)

error: Content is protected !!