Dikawal Bawaslu, KPU Yapen Terima 129 Koli Logistik Surat Suara Pemilu

SAIRERINEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Yapen menerima logistik pemilu 14 Februari 2024, Jumat 12 Januari 2024 di Serui.

Logistik yang masuk diantaranya ; Surat Suara Pemilihan Presiden – Wakil Presiden (Warna Abu-abu) 43 koli dan urat Suara Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI (Warna Merah) sebanyak 84 koli.

Total logistik Surat suara yang masuk adalah 129 koli diterima langsung oleh Ketua KPU Kepulauan Yapen, Zakeus Rumpedai didampingi Anggota KPU lainnya; Hugo Imbiri dan Ferdinan Pieter dan Sekretaris Lodewyk Labobar.

Dalam keterangannya Ketua KPU menjelaskan bahwa Surat suara Presiden – Wakil Presiden dan DPD RI telah diterima dan telah masuk dalam gudang KPU dengan baik.

“Kami telah terima 129 koli Surat Suara. Berita acara telah lengkap diterima. Malam ini KPU bersama Bawaslu dan akan terus berkoordinasi secara berjenjang dengan KPU Provinsi Papua dan KPU Pusat” ujarnya.

Ditanya oleh media dengan Surat suara telah dilipat atau belum, Zakeus Rumpedai menyampaikan bahwa malam ini dan besok akan dilihat langsung bersama, jika belum dilipat maka KPU kerjakan hingga kemudian Surat suara akan dilipat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Untuk Surat Suara, kami belum tau secara pasti sudah dilipat atau belum. Karena masih dalam kondisi tertutup segel. Jika nantinya belum dilipat maka akan segera dilakukan proses lipat, disesuaikan dengan waktu” jelas Rumpedai.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Kepulauan Yapen, Hofni Mandripon mengatakan proses pengawasan logistik telah berlangsung dengan aman.

“Pada prinsipnya logistik Surat Suara telah diterima dan masuk dalam gudang KPU dengan baik. Hal -hal lain akan dirapatkan secara internal malam ini, untuk selanjutnya dikerjakan sesegera mungkin oleh KPU” tutur Mandripon.

Hadir dalam giat ini, pemerintah daerah yang diwakili oleh Bakesbangpol, TNI/Polri, Kejaksaan, DPRD dan undangan di lingkungan Kepulauan Yapen. (*)

 

error: Content is protected !!