Bersama Jemaat GKI Simon Petrus Menawi, Bawaslu Yapen Dorong Pengawasan Partisipatif

SAIRERINEWS.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Yapen (Bawaslu Yapen) Kembali lagi menyimbangi Persekutuan Kaum Bapak Jemaat GKI Simon Petrus Menawi melalui Program Satu Jam Bersama Bawaslu Yapen.

Dalam penyampaian Sosialisasi, Ketua Bawaslu Yapen Hofni Yulius Mandripon menyampaikan beberapa Indeks Kerawanan Pemilu yang perlu disikapi Bersama oleh setiap warga Masyarakat.

“hari ini kami di undang oleh Jemaat GKI Simon Petrus Menawi, khususnya Persekutuan Kaum Bapak sesuai Surat mereka nomor: 12/PKB-SP/MNW/2023, dimana Masyarakat ingin untuk mendapatkan informasi tapi juga sosialisasi terkait Pemilu. Oleh karena itu, kami hadir sekaligus memberikan sosialisasi kepada Masyarakat melalui kegiatan kami yaitu Satu Jam Bersama Bawaslu Yapen.”

Lebih lanjut Hofni menambahkan dalam pelaksanaan sosialisasi ini kiranya memberikan pemahaman kepada Masyarakat tentang Pentingnya keterlibatan Masyarakat sebagai Pengawas Partisipatif.

“kami juga berharap dari sosialisasi yang kami lakukan ini, dapat menjadikan Masyarakat sebagai Pengawas Partisipatif dalam membantu kami penyelenggara terutama dalam mengawasi kami, baik KPU dan jajarannya, maupun Bawaslu dan Jajarannya. Agar dalam pelaksanaan tugas-tugasnya terutama dalam menjaga Hak Suara Masyarakat dari TPS hingga ditetapkan oleh KPU”.

Ia juga menambahkan berbeda pilihan politik dalam Pemilu tidak harus menimbulkan perpecahan diantara sesama Masyarakat, sehingga perlu membangun kesepahaman untuk sama-sama menjaga Pemilu ini tetap Aman dan Damai.

“untuk diketahui secara Bersama buat kita semua bahwa berbeda Pilihan dalam Politik itu hal yang biasa, namun yang harus kita jaga supaya jangan terjadi Perpecahan yang akhirnya berakibat Gereja Kosong, bersaudara atau adik kakak tidak harmonis, dll. Mari kita ciptakan Pemilu itu dilaksanakan secara Aman dan Damai”.

Dalam kesempatan itu, Hofni juga menyampaikan informasi terkait akan dilakukannya Rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang di jadwalkan dari tanggal 02-06 Januari 2024 dan mengajak Masyarakat untuk dapat berpartisipasi sebagai Pengawas TPS nantinya, bagi yang memenuhi syarat.

“kami juga menginformasikan bahwa dia tanggal 02-06 Januari 2024, akan dibuka Rekrutmen Pengawas TPS yang mana setiap TPS itu 1 orang. Sehingga kesempatan ini, kami mengajak Masyarakat yang sudah punya hak pilih, jika hendak bergabung Bersama kami di Pengawas Pemilu silahkan mendaftarkan diri dan melengkapi persyaratan yang diminta di Sekretariat Panwaslu Distrik setempat” tutup Ketua Bawaslu Yapen. (*)

error: Content is protected !!