Bawaslu Yapen dan Gakkumdu Telusuri Informasi Aparat Kampung yang Status Caleg dan jadi Tim Sukses

SAIRERINEWS.COM – Adanya informasi caleg yang masih berstatus perangkat Desa /Kampung dan Bamuskam, Bawaslu Yapen bersama Sentra Gakkumdu akan lakukan Penelusuran.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Yapen dalam Pelaksanaan Pengawasan yang dilakukan selama masa kampanye mendapati beberapa informasi terkait adanya Caleg yang masih berstatus sebagai Perangkat Desa/Kampung maupun Badan Permusyawaratan Desa/Kampung.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Hal tersebut disampaikan ketua Bawaslu Yapen, Hofni Mandripon kepada Saireri News melalui WA yang diterima Rabu, 20 Desember 2023.

“Ya, jadi dalam pengawasan kampanye yang dilakukan oleh jajaran kami di lapangan, kami mendapatkan beberpa Informasi terkait adanya Calon Anggota Legislatif yang menurut Informasi masih berstatus aktif sebagai Perangkat Kampung maupun Bamuskam”.

Ia menambahkan terhadap informasi tersebut telah di diskusikan internal Sentra Gakkumdu dan selanjunya akan dilakukan penelusuran untuk memastikan kebenaran informasi tersebut kepada semua pihak yang terkait untuk memastikannya.

“Dari informasi yang ada, kami telah berdiskusi dengan Sentra Gakkumdu, untuk akan secara bersama-sama melakukan Penelusuran terkait Informasi tersebut”.

Lanjut Hofni menambahkan secara ketentuan sebenarnya yang bersangkutan harusnya sudah diberhentikan jika mau jadi caleg atau di TMS kan oleh KPU jika masih mau menjabat sebagai Perangkat Desa atau Bamuskam.

“Sesuai Pasal 15 PKPU 10 tahun 2023 tentang Pencalonan dimana yang bersangkutan melalui Partai Politik sudah harus menyerahkan Keputusan Pemberhentian, tapi juga ada Potensi Pidana yang dimungkinkan dilanggar dalam kampanye jika yang bersangkutan berstatus aktif kemudian terlibat sebagai pelaksana dan atau Tim Kampanye sebagaimana Pasal 494 UU No. 7 Tahun 2023” jelasnya. (*)

error: Konten dilindungi !!!