Paripurna Non APBD, DPR Papua Siap Tetapkan 12 Raperda Prioritas Tahun 2023

SAIRERINEWS.COM – Setelah melalui proses dan tahapan pembentukan dan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka DPR Papua bakal menggelar Rapat Paripurna Non APBD dalam rangka Penetapan sejumlah Raperda, baik yang merupakan usul Inisiatif DPRP maupun usulan pihak eksekutif.

Penetapan agenda Rapat Paripurna Non APBD Tahun 2023 ini diputuskan dalam Rapat Badan Musyawarah (BANMUS) DPRP yang dipimipin oleh Ketua DPRP Jhony Banua Rouw,SE dan Wakil Ketua III DPRP.Yulianus Rumbairusy,S.Sos.,MM serta Anggota BANMUS DPRP dan Sekretaris DPRP Dr. Juliana J Waromi,SE.,M.SI.

Ketua DPRP Jhony Banua Rouw mengatakan bahwa agenda Rapat Banmus hari ini dalam rangka presentasi Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) terhadap Raperdasi dan Raperdasus Tahun 2023 serta agenda kerja DPRP lainnya.

” Hari ini kita baru selesai Rapat Banmus dan Banmus DPRP telah memutuskan beberapa hal yang pertam.DPRP telah melakukan Finalisasi terhadap 15 Raperda yang dipresentasikan oleh BAPEMPERDA dan dari total 15 Raperda tersebut, Banmus sepakati hanya 12 Rancangan Perdasi dan Perdasus yang siap ditetapkan atau disahkan dalam paripurna Non APBD yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Desember 2023 mendatang,” Tegas Ketua DPRP Jhony Banua Rouw,SE dilansir dari Humas DPRP,Rabu, (13/12/2023).

Ditambahkan Banua bahwa dalam Rapat Paripurna Non APBD Tahun 2023 ini, selain dilakukan pengesahan / penetapan Rancangan Perdasi dan Perdasus juga akan dilakukan oenetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2024.

” Jadi selain kita tetapkan 12 Rancangan Perdasi dan Perdasus, kita juga akan meminta saudara Pj.Gubernur untuk menyampaikan usulan Propemperda Tahun 2024. Dalam kesempatan dua hari ini, yakni besok hari kamis dan jumat, kita minta saudara gubernur untuk menyurari DPRP terkait usulan Propemperda Tahun 2024, sehingga dapat disahkan bersama dalam Paripurna Non APBD Tahun,” pungkasnya. (*) – Humas DPRP

error: Content is protected !!