Dua Klub Asal Saireri Lolos ke Putaran Berikut Menuju Semifinal Pegadaian Liga 2

SAIRERINEWS.COM – Masyarakat Papua pecinta Sepakbola pasti merindukan klub bumi cenderawasih ada pada kasta liga tertinggi Indonesia yaitu Liga 1 yang kini tidak ada perwakilan klub asal Papua disana.

Satu-satunya klub Papua yang bertahan di liga 1 yakni Persipura, telah turun ke Liga 2 musim ini. Hal ini membuat animo publik Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan tidak lagi seheboh saat ada salah satu klub Papua berada pada liga 1.

Liga 2 musim 2023 ini, 3 klub Papua yang berada pada grup 4 ; Persipura Jayapura, PSBS Biak dan Persewar Waropen telah bergulir dan menghasilkan PSBS Biak dan Persewar Waropen lolos putaran berikut menuju semifinal Pegadaian Liga 2.

Yang mana dari grup 4, PSBS Biak, Persewar Waropen dan Persipal Babel United, lolos ke babak 12 besar Pegadaian Liga 2 2023-2024.

IKUTI SURVEY : Partai Politik Pilihan Masyarakat Saireri

PSBS Biak finis sebagai pemuncak klasemen Grup 4  dengan total 26 poin, disusul Persewar 20 poin dan Persepal 18 poin.

PSBS Biak, Persewar Waropen dan Persipal Babel United akan bergabung dengan sembilan tim lainnya yang notabene finis di peringkat tiga teras di Grup 1, Grup 2, dan Grup 3.

Tim yang berhak tampil di babak 12 besar akan dibagi ke dalam tiga grup yang terdiri dari empat tim.

Pemuncak klasemen setiap grup dan satu tim runner-up terbaik akan melanjutkan kiprah mereka ke semifinal Pegadaian Liga 2 musim ini.

Sedangkan, empat tim lainnya yang berada di Grup 4, Persipura, Sulut United, Kalteng Putra, dan Persiba Balikpapan, harus menjalani babak play-off degradasi.

Babak play-off degradasi terdiri dari empat grup yang setiap masing-masing grup berisi empat tim. Menggunakan sistem pertandingan kandang dan tandang, dua tim yang menempati peringkat terbawah di klasemen akhir bakal turun kasta ke Liga 3 musim 2024-2025.

Dua klub asal Wilayah Adat Saireri, yaikni PSBS Biak dan Persewar Waropen kini menjadi harapan publik Papua agar dapat lolos terus dan berlaga pada liga 1 nantinya.

Persatuan Sepak bola Biak atau PSBS Biak merupakan tim asal Papua yang sudah cukup lama berdiri. 1968  berdiri hingga 2023 ini, punya tekat kuat membuat sejarah membanggakan jika pada akhirnya menembus Liga 1 musim depan. PSBS Biak memiliki julukan Badai Pasifik dan Napi Bongkar dan Stadion Stadion Cendrawasih Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua sebagai rumahnya.

Demikian juga dengan Persewar Waropen. Persewar yang memiliki beberapa julukan yaitu The Mangrove Pearl (Mutiara Bakau) dan The Papua Crabs (Kepiting Papua), berdiri sejak tahun 2005.

Persewar Waropen termasuk tim yang cukup muda yang kini digadang-gadang masuk Liga 1. Jika ini berhasil, ini akan menjadi sejarah karena tahun 2018 lalu mereka mendapatkan promosi ke Liga 2 dari Liga 3. Persewar Waropen pada musim 2009–2010 menjadi kampiun Divisi Tiga Liga Indonesia. Kemudian tahun 2018 berhasil promosi ke Liga 2 Indonesia setelah meraih posisi runner up Liga 3 Zona Papua musim 2018 dan melaju ke Liga 3 Putaran Nasional. (*)

 

 

error: Content is protected !!