Sekretaris DPR Papua Juliana Waromi Terima Penghargaan Wanita Inspirasi dan International Best Leadership Award 2023

SAIRERINEWS.COM – Sekretaris DPRP Dr.Juliana J. Waromi,SE.,M.Si kembali menorehkan prestasi dengan terpilih sebagai penerima penghargaan kategori 10 Wanita Inspirasi Tahun 2023 dan International Best Leadership Award (IBLA) 2023 dari International Human Resources Development Program (IHRDP).

IHRPD sendiri merupakan Lembaga Pemberi Penghargaan, Lembaga Pemantau, Peneliti dan Pengemban Sumber Daya Manusia.

Berdasarkan informasi, penghargaan yang diberikan oleh IHRDP adalah berdasarkan kajian dan seleksi yang telah dilakukan oleh panitia. Mereka yang terlibat dalam penilai juga dibantu oleh tim pengamat baik secara langsung maupun melalui media massa yang ada dan dengan memenuhi beberapa kriteria serta indikator yang ditentukan.

Perempuan Papua asal suku Ambai Serui itu menerima penghargaan tersebut atas dedikasi dan prestasinya dalam bidang kepemimpinan terkait program pengembangan sumberdaya manusia. Penghargaan diberikan oleh Chairman IHRDP Foundation, Gene Vinsent Sumantri.

Penyerahan penghargaan bergengsi yang berlangsung di Hotel Aryaduta Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (21/10/2023) ini juga merupakan satu pengakuan atas dedikasi dan prestasi luar biasa dari sosok Juliana Waromi dalam menciptakan masyarakat yang maju dan mandiri melalui pemikiran dan komitmennya.

Promotor Kopi Ambaidiru ini juga memiliki pemikiran yang luar biasa untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas dalam hubungan sesama manusia, manusia dengan teknologi, alam, dan Tuhan.

Selain itu, Juliana J Waromi juga dinilai berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mandiri, melalui inovasi dan karya-karya yang menginspirasi salah satunya lewat penulisan buku “Pentingnya Investasi di Papua” yang telah dilaunching beberapa waktu lalu.

“Saya tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan ini. Itu hasil penilain masyarakat dan tim IHRDP, yang saya pribadi tidak pernah tahu, kapan tim ini melakukan pemantauan bahkan datang bertemu saya, namun tiba tiba saya dihubungi jika ada penghargaan itu karena ada penilaian,” Tegas Sekretaris DPRP Dr. Juliana Waromi,SE.,M.Si kepada Humas DPRP diruang kerjanya usai memimpin Apel Pagi dilingkungan Sekretariat DPRP, Senin, (30/10/2023).

Dikatakan waromi bahwa penghargaan yang diberikan kepada dirinya bukan merupakan hasil kerja dari dirinya sendiri melainkan dukungan semua pihak terkait.

“Bagi saya penghargaan ini luar biasa dan ini merupakan kebanggaan bagi kami. Ini karena semata mata dukungan staf saya yang luar biasa, sehingga kami mendapat penghargaan ini, karena tidak mungkin kami bekerja sendiri. Sebab, bagi saya segala sesuatu yang selama ini saya hadapi dan jalankan, itu karena pertolongan Tuhan dan dukungan staf dibawah, kalau tanpa dukungan staf itu tidak bisa menyelesaikan sesuatu,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Juliana Waromi yang juga Ketua Pengprov Perpani Papua ini bahwa Penghargaan Wanita Inspiratif dan Internasional Best Leaderhsip Award yang diberikan kepada dirinya kemungkinan karena dianggap mampu melaksanakan tugas – tugas yang sebenarnya merupakan tugas laki laki, namun ia bisa melaksanakan tugas yang diembannya tersebut dengan baik.

” Saya dalam bekerja selalu kedepankan profesionalitas, tanpa memandang gender, selama itu bisa kami kerjakan akan kami kerjakan hingga tuntas dan harus ada hasilnya,” bebernya.

Pada kesempatan ini juga Juliana Waromi berbagi pengalaman dirinya menjadi salah satu promotor Kopi Ambaidiru, diman berkat ketekunan dan kerja keras dirinya yang tetap berpegang pada profesionalitas dalam bekerja ini dan menjadi inspirasi bagi para petani Kopi di Ambaidiru, Kabupaten Kepulauan Yapen untuk berkembang dan maju dengan melakukan pendampingan.

Ketika para petani kopi dihadapkan dengan berbagai permasalahan, Juliana Waromi merasa terbeban, apalagi situasi yang sulit termasuk akses transportasi yang sulit ke daerah itu, sehingga tentu mengganggu pemasaran komuditas unggulan Papua itu.

“Saya kemudian turun langsung ke sana untuk melihat kondisi para petani. Bahkan, saya pernah promosikan kopi Ambaidiru sampai ke luar negeri seperti ke Korea hingga Boston dan San Fransisco, Amerika Serikat bersama pimpinan DPR Papua. Itu yang bisa saya ambil langkah langkah untuk meningkatkan ekonomi dari para petani kopi itu,” jelasnya.

Bahkan, dari promosi kopi Ambaidiru itu, sempat banyak permintaan kopi Ambaidiru. Namun, hal itu kembali kepada petani kopi untuk dapat memenuhi permintaan pembeli tersebut secara kontinue. “Di Korea, setiap bulan diminta paling rendah 5 ton per bulan. Mereka siap dengan harga yang tinggi, waktu itu diberi harga 10 dolar atau Rp 130 ribu per kilo saat itu, sehingga waktu itu saya ambil langsung dari petani, namun sayangnya tidak bisa kontinue, sehingga terputus,” ungkapnya.

“Saya waktu itu sangat senang, apalagi petani mendapatkan pendapatan dari kopi mereka. Bahkan waktu lewat pimpinan DPR Papua, meminta bupati untuk memberikan dukungan dengan membangun akses jalan ke Ambaidiru, namun mereka belum mampu untuk meningkatkan produksi mereka dan menjaga kontinueitas produk mereka. Saya pikir ini butuh pihak ketiga dan pemerintah daerah untuk terus mendampingi mereka,” paparnya.

Sekedar diketahui, Sekretaris DPRP Dr.Juliana Waromi,SE.,M.Si q juga sebelumnya meraih penghargaan sebagai Sekwan Terbaik seluruh Indonesia. Bahkan, dalam acara Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) dan Asosiasi Sekretaris DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ASDEPSI) di Bandung, Jawa Barat baru baru ini, laporan SPJ SPPD Sekretariat DPR Papua dipakai untuk contoh bagi Sekretariat DPRD se Indonesia lantaran ada penandatanganan fakta integritas bagi anggota DPR Papua. (*)

Humas DPR Papua

error: Content is protected !!