7 Mananwir Sup Mnuk Sauyas, Dikukuhkan Ketua Dewan Adat Supiori

SAIRERINEWS.COM – Ketua Dewan Adat Daerah Supiori, Esau Baab kukuhkan 7 Manawir Sub Mnuk wilayah adat Sauyas, Kamis, 5/10/2023.

Ketujuh Mananwir Sub Mnuk wilayah adat Sauyas itu mencakup enam kampung dan dimulai dari kampung Wafor sapai di kampong Dobo Distrik Supiori Timur.

“Siang ini saya selaku Ketua Dewan Adat telah mengukuhkan sebanyak 7 orang Mananwir Sup Mnuk Sauyas mulai dari ketua dan anggota yakni Mananwir Sup Mnuk, Mananwir Mnu, Mananwir Er, Mansyowi,Faker, Manfaker, Manfasfas, Ron, Binsyowi dan Manwaren.

Prosesi pengukuhan atau bahasa Byak (Biak) nya Sabsiber itu berlangsung dengan baik dan didukung oleh masyarakat, ungkapnya.

Mananwir Byak Mun Supyor Esau Baab berharap dengan adanya Sabsiber Mananwir ini agar dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah, untuk mendukung program kerja yang diturunkan ke masyarakat adat sebagai mitra.

Esau Baab juga menyampaikan bahwa bahwa pada tanggal 10 Oktober besok juga akan dilakukan Sabsiber di Distrik Supiori Utara mencakup kampong Nyeundi sampai Warsa Yenggarbun, kemudian pada tanggal 18 Oktober dilakukan Sabsiber wilayah sub mnuk Wabu yaitu dari Sabar Myokre sampai di Pulau Mapia.

Masyarakat dan semua yang hadir pengukuhan ini berharap dengan adanya pengukuhan ini, budaya dan strata adat dapat terus berlangsung dalam kehidupan sosial di setiap kampung dan marga, tapi jga  dalam menjaga Kamtibmas dan mendukung program pemerintah daerah yang berpihak pada masyarakat adat di wilayah Kabupaten Supiori. (*)

Yosep Mandosir
Foto : ist/DAP Supiori

error: Content is protected !!