Surat Terbuka Wartawan OAP Kepada PJ. Gubernur Papua

Bapak Penjabat (Pj) Gubernur yang saya sanjung dan hormati, to the point saja saya mau menyampaikan bahwa dalam pengamatan kami pengelola media khususnya anak-anak asli Papua/OAP di Provinsi Papua, sudah tak stabil (mengalami penurunan drastis).

Tidak sama seperti saat jamannya Sekda Papua Herry Dosinaen dulu, dimana ia selalu mengedepankan media sebagai ujung tombak dalam kinerjanya untuk mendukung setiap kegiatan pembangunan serta pemerintahan melalui pemberitaan media itu sendiri yang merupakan mitra pemerintah.

MENUJU PEMILU 14 FEBRUARI 2024

Mitra, baik media Lokal dan juga media Nasional, sangat begitu nampak kepedulian era bapak Dosinaen terhadap media yang dikelola oleh beberapa Wartawan Orang Asli Papua, dalam mengimplementasikan pula Undang-undang (UU) Otonomi Khusus OTSUS Nomor 21 Tahun 2001 dan atau/sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 2 Tahun 2021, tentang keberpihakan terhadap Orang Asli Papua dalam segala aspek/sektor.

Selain adanya perhatian dan keberpihakan kepada baik Kontraktor/Pelaku Usaha (CV, PT) Pedagang/Pebisnis, ASN Orang Asli Papua, termasuk juga salah satunya Media/Pers yang adalah “Mitra Kerja Pemerintah” sebagai “Pilar ke-4” di Negara Kesatuan Repoblik Indonesia.

Kenapa demikian, karena sampai kapanpun itu Undang-undang Otonomi Khusus (OTSUS) kita tidak bisa hilang atau ditiadakan, sebab itulah hasil keputusan bersama untuk menggantikan aspirasi “M” menjadi “O”.

Dengan demikian, maka menurut saya segala upaya dan bentuk usaha yang dilakukan oleh OAP untuk memandirikan dirinya sendiri khususnya di bidang pemberitaan Media Masa, harus diberi ruang untuk dapat sejajar/setara dengan sudara-sudari kita yang berada di Indonesia bagian Barat.

Kami sangat mendukung dan mengapresiasi bapak Dr. Ridwan Rumasukun SE.MM menjadi Pj. Gubernur Papua, karena bapak adalah sosok yang hidup besar di Tanah Papua dan yang layak karena kaya akan pengalaman birokrasi, punya track record lidership dan manejerial yang baik dalam pemerintahan serta teruji dan sudah terbukti, punya kapabilitas, integritas yang tinggi dan terlebih lagi pantas secara aturan ASN dalam hal karir kepangkatan/golongan untuk menduduki sebuah jabatan “Penjabat Gubernur”.

Salah satu problem yang paling menjadi kenyataan dalam menjalankan tugas liputan dan pemberitaan, yaitu “EKONOMI” (penghasilan tiap bulan yang tidak ada), di mana media-media kami jarang sekali direstui memperoleh dukungan “Kontrak Kerja Sama” dengan Pemerintah Daerah, sehingga tiap bulan; tahapan pencairan dana media triwulan ataupun semester kamipun bisa memiliki penghasilan yang jelas.

Di satu sisi, media kami Orang Asli Papua, kadang jarang pula diberi “Jatah Iklan” dan “Berita-berita Berbayar”, yang bisa memberi kepada kami UANG untuk dapat menafkahi keluarga-keluarga {isteri-anak} kami.

Andai saja dapat didengar unek-uneknya kami bapak Penjabat Gubernur lewat surat terbuka ini; misalnya jika ada kebijakan khusus untuk pembuatan iklan dan ucapan hari raya keagamaan dan juga hari raya nasional, karena dengan adanya pembuatan iklan-iklan tersebut ataupun berita-berita berbayar, maka di situlah ada biaya untuk operasional media kami agar tetap lancar berjalan, termasuk untuk penghasilan keluarga, pastinya kami sangat mengimpikan hal itu bilamana dapat ditanggapi isi hati kami para Wartawan OAP ini”.

Bagian terakhir surat terbuka saya secara pribadi ini mewakili rekan-rekan media Pemred/Kaperwil yang OAP; jika bapak Penjabat Gubernur berkenan, satu saja yang ingin sekali saya sampaikan di sini, yaitu kiranya dari “DANA OTSUS” kami para Insan Pers/Awak Media OAP pun bisa turut diakomodir, untuk menolong meringankan beban kami agar bisa leluasa (tidak terhalangi persoalan ekonomi lagi), dalam mencari berita untuk mendukung pemerintah daerah, mengangkat serta mempublikasikan setiap kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah di Papua.

Demikian surat terbuka saya kepada bapak Penjabat Gubernur Papua.

Kiranya isi hati kami pekerja kulih tinta OAP dapat dibaca, didengar, dan ditanggapi positif untuk menolong kami.

Tuhan memberkati bapak Penjabat Gubernur Papua, DR. Muhammad Ridwan Rumasukun, SE. MM dalam kepemimpinannya. Amin.

 

28 September 2023
Mewakili sahabat media OAP,
Pemohon:
Herikson Wellem Kbarek

Pimpinan Redaksi Media Lokal Tabloid Papua Bersatu,
juga sebagai Kepala Biro Media Online Nasional “Sorot News” Perwakilan Papua.