Setelah Polling Calon Gubernur Papua, ini 3 Nama yang Digadangkan Maju Calon Bupati Yapen 2024 !

SAIRERINEWS.COM – Media Saireri News setelah melakukan polling calon Gubernur Papua 2024 mendapat 5 nama besar, seperti Boy Markus Dawir, Herry Ario Naap, Yunus Wonda, Matius Awaitouw dan Benhur Tomy Mano mendapat respon cukup baik dari politisi dan masyarakat.

Hasil polling Calon Gubernur Papua memberikan referensi kepada masyarakat tentang potensial sumber daya manusia Provinsi Papua, pasca DOB Provinsi.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Demikian juga dengan polling yang dilakukan untuk calon Bupati Yapen, dimana nama Benyamin Arisoi, Fridolin Warkawani dan Yohanes Raubaba digadangkan maju calon Bupati Yapen pada Pilkada 2024 mendatang.

“Kami Saireri News mengadakan polling bagi masyarakat yang mengunjungi website kami. Hal ini semata-mata untuk memberikan gambaran awal kepada masyarakat tentang nama-nama sosok potensial yang dapat memimpin Papua dan Yapen. Polling kami lakukan secara online bagi pengunjung dan pembaca portal website kami sairerinews.com” ucap Yohanis Wanane, 2/10/2023.

Lanjut, Wanane menerangkan bahwa “Polling tidak memiliki keabsahan statistik secara utuh, beda dengan survey lapangan secara langsung. Polling tidak dapat mewakili semua, karena banyak yang tidak memiliki akses secara langsung. Namun polling yang kami lakukan, kami petakan menjadi pemilih dalam Papua, Papua lainnya dan luar Papua. Demikian juga dengan pemilih Yapen, Luar Yapen dan Luar Papua, itu kami lakukan dari aplikasi pro berbayar yang kami gunakan. Jadi dapat menjadi referensi ia, namun menjadi data itu tergantung cara melihatnya” tutur Yohanes Wanane, selaku pemimpin media Saireri News.

Wanane yang kesehariannya sebagai dosen pengajar di Universitas Cenderawasih Jayapura berpesan kepada setiap sosok yang ada pada polling ini untuk dapat mengerucutkan polling ini ke dalam metodologi survey, ukuran sampel, representatifitas populasi, pengelolaan data dan ukuran sampel, agar dapat menjadi peta kerja-kerja dalam menindaklantujuti kepercayaan publik menjadi logis.

“Kami harap masyarakat tidak alergi dengan sebuah polling secara online. Ini didikan publik yang kami sajikan agar kiranya menjadi pengetahuan bahwa orang-orang ini dipandang layak memimpin. Tanggapan, komentar kritis dibutuhkan agar mengasah potensial pemimpin-peminpin daerah nantinya. Itu harapan kami. Artinya masyarakat lebih baik tau sejak awal, dari pada tiba-tiba tau dan terpolititasi, itu akan lebih yang membuka ruang potilik praktis dan politik identitas menjadi menguat, itu kurang baik” tuturnya.

Terkat dengan polling calon Bupati Yapen 2024, mencuat nama Benyamin Arisoi (Anggota DPRP Papua), Fridolin Warkawani (Anggota DPRD Kepulauan Yapen) dan Ketua DPRD Yapen, Yohanes G. Raubaba.

“Untuk Yapen ada nama-nama calon Bupati, diantaranya Benyamin Arisoi politisi Demokrat, Fridolin Warkawani, politisi Partai Hanura, Yohanes G. Raubaba politisi Demokrat dan Yuhendar Muabuai dari kalangan birokrasi. Sedangkan calon Wakil Bupati Yapen 2024, ada nama-nama Ade Yullen Banua, Charles Gomar, Roi Palunga, Yusuf Ronald Worabai, Alferius Sanuari dan Basri Bennu” ucapnya lagi.

Nama-nama ini tentu tidak final, ada sosok nama lainnya yang akan masuk pada pencalonan yang tahapannya akan berjalan Desember 2023 ini. Sehingga pilkada September 2024 nantinya, masyarakat Yapen, partai politik, donatur politik dan elemen lainnya dapat mengetahui sejak awal tentang potensial ini.

Entah akan maju mencalonkan atau tidak, sairerinews.com telah sajikan informasi polling pemilih online sebagai referensi, tutupnya (*)

error: Konten dilindungi !!!