Gugatan Partai Politik Kepada PJ. Bupati Yapen ke Bawaslu “Dinilai Salah Objek”

Benyamin Wayangkau (ist)

SAIRERINEWS.COM – Menyikapi dinamika Politik daerah di kabupaten Kepulauan Yapen, terutama terkait situasi seminggu yang berkembang beredarnya postingan Surat dukungan Partai PDIP DPD Provinsi Papua, Perihal Pengusulan Calon Penjabat Bupati di Yapen, yang di tujukan oleh Dewan Pimpinan Pusat PDI-P di Jakarta, di tanggapi oleh staf pakar Penjabat Bupati Yapen, Benyamin Wayangkau.

Dari postingan surat tersebut membuat suasana gaduh di beberapa Media Sosial khususnya WA Grup CAY, berbuntut beberapa Partai mengambil langka untuk melaporkan Penjabat Bupati Yapen, Cyfrianus Yustus Mambay, S.Pd.M.Si Ke Bawaslu Yapen.

Benyamin Wayangkau menyebutkan bahwa hal tersebut keliru dalam penentuan objek.

“Bagi saya itu sah – sah saja, dalam alam Demokrasi, namun kurang cermat mereka itu,
yang membuat Surat Pengusulan itu adalah Partai Politik, kenapa Penjabat Bupati yang di Gugat atau di Laporkan ?, ini Salah Objek dan Keliru, Pemahaman ini yang harus di luruskan, bahwa seharusnya kawan – kawan Partai baik para Pimpinan Partai melihat ini secara jernih” tutur Wayangkau dalam rilis yang diterima media ini, Senin 11/9/2023.

Lanjutnya, “Saya berpandangan selaku mantan Penyelenggara Pemilu, bahwa dari sifat suratnya, ini kan sama dengan Partai lain yang juga sedang mengusulkan calon Penjabat Bupati, namun isinya Umum, sementara Partai PDIP itu Isi Usulan Suratnya lebih Mendalam”.

Hal yang berikut, mengapa bukan DPD Partai PDIP yang di Laporkan, karna Surat itu kalau saya lihat yang beredar di WA Grop itu dari DPD Partai di tujukan ke DPP Partai, artinya ini Surat bersifat Internal.

“Kamar orang di urusi juga ni bagaimana, ada etika dalam berpolitik, kita tidak bisa seenak perut dan jidat, itu yang saya maksudkan salah objek dan Keliru serta tidak tepat.” tegas BW sapaan akrapnya.

“Ya karna sudah di aduhkan, tinggal kita tunggu saja bagaimana perkembangan dari Bawaslu, namun satu catatan penting saya adalah bahwa kecerobohan teman – teman pimpinan partai ini berdampak pada pencemaran nama beliau sebagai pribadi seorang ASN, karna sangat tendensius laporan itu. Saya berharap mari kita jaga situasi Daerah agar tetap tertib, aman hingga memasuki Pemilu” tutup staf Pakar PJ Bupati Bidang Kamtibmas dan Hubungan Kelembagaan. (*)

error: Content is protected !!