Parade Wor dan Gerak Jalan Wos Byak Disambut Antusias Masyarakat Biak Numfor

SAIRERINEWS.COM – Masyarakat cukup antusias mengikuti lomba Gerak Jalan Wos Byak dan Parade Wor Byak, Jumat (07/07/2023) kemarin.

Sebanyak 20 peserta ikut mengambil bagian dalam lomba gerak jalan Wos Byak dan Parade Wor Byak berjumlah 50 peserta yang diikuti baik sanggar tari.

Mereka adalah perwakilan dari distrik, kelurahan dan kampung.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Pd., M.Pd mengatakan, lomba gerak jalan Wos Byak dan Parade Wor merupakan salah upaya pemeintah daerah melestarikan budaya-budaya lokal sekaligus mempromosikan kekayaan budaya sebagai daya tarik untuk wisatawan.

“Ini juga dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Festival Biak Munara Wampasi, dan sekaligus sebagai site Sail Teluk Cendrawasih yang akan dilaksanakan pada November mendatang,” kata Bupati saat melepas peserta lomba Gerak Jalan Wos Byak dan juga Parade Wor Byak.

Dalam kesempatan itu, Bupati Herry Ario Naap (HAN) juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengambil bagian dalam mengikuti gerak jalan Wos Byak s dan parade Wor.

Dikatakan, bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari mempertahankan budaya Biak yaitu bahasa Biak dalam beberapa kegiatan dan ini patut kita berikan apresiasi. Bahasa Biak ini harus kita pertahankan.

“Rangkaian kegiatan ini juga untuk bagaimana kita terus pertahankan budaya kita, bahasa ibu yaitu bahasa Biak, salah satunya dengan Gerak Jalan Wos Byak untuk kembali mengingatkan kita secara khusus masyarakat asli Biak,” tandasnya. (*)

error: Content is protected !!