Putra Asal Biak – Komandan Upacara Hari Bhayangkara ke-77 Tingkat Nasional

SAIRERINEWS.COM – Sebuah kebanggaan bagi jajaran Polda Papua, terkhusus Polresta Jayapura Kota pada momen perayaan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (1/7/2023).

Terpilih sebagai Komandan Upacara (Danup) akbar tersebut yakni Kombes Pol Dr Victor D Mackbon, SH, SIK, MH, MSi.

Dengan tinggi badan hampir 180 cm Kombes Pol Victor Mackbon, yang kini menjabat Kapolresta Jayapura Kota memiliki segudang prestasi yang memang pantas untuk dibanggakan.

Ia sudah enam kali menerima penghargaan dari Presiden RI dan pernah juga menjalankan tugas di lima negara yakni Singapura, Sudan, Italia, Australia dan Thailand.

Pria berdarah Biak, Papua tersebut diketahui mulai mengabdikan dirinya di Kepolisian sejak tahun 2000 usai mengemban pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang.

“Tentunya kami di Polresta juga ikut bangga kepada Numbay 1 (Kapolresta), karena dari sekian banyak Perwira Menegah di Indonesia ternyata beliau yang terpilih. Beliau letting 2000 dan menjadi Danup Hari Bhayangkara pada 1 Juli di tingkat Pusat dimana bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yakni Presiden RI Ir H Joko Widodo atau Jokowi,” ungkap Wakapolresta, AKBP Deni Herdiana, SE, SH, MM, MH saat ditanyai komentar momen terbaik tersebut.

Bahkan catatan apik ini diprediksi tak berhenti disitu dimana, lanjut mantan Kapolres Yahukimo ini, setelah menjadi Danup 1 Juli, Kapolresta diprediksi bakal melanjutkan mengikuti seleksi tes untuk menjadi Danup Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti.

“Dan kami juga berdoa semoga lolos, amin,” tambahnya.

AKBP Deni menjelaskan bahwa ada beberapa pertimbangan yang biasa digunakan oleh panitia pemilihan salah satunya melihat track record beliau selama menjadi anggota Polri dan memimpin satuannya.

“Selama menjabat baik di Timika maupun di Polres Jayapura Sentani dan kini di Polresta Jayapura Kota, beliau dianggap berhasil dalam menjalankan tugas di lapangan, selain itu ada inovasi yang dilakukan dimana di Timika dan di Sentani beliau melakukan hal itu (inovasi),” ucap AKBP Deni.

Di Polres Sentani contohnya, saat menjadi Kapolres disana beliau membangun Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai atau yang disebut dengan RM. Papeda, Ini belum dengan prestasi lainnya.

“Jadi memang harus punya prestasi dan intelegensia yang baik,” katanya.

Bahkan AKBP Deni menyebut rencananya pada 6 Juli nanti rencananya Bapak Kapolresta masih akan menerima penghargaan dari Bapak Kapolri, yang akan diserahkan di Bali.

Sekedar diketahui, Kombes Pol Victor Mackbon pernah mendapat penugasan Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh tahun 2003, kemudian menjadi Komandan Paskibraka 17 Agustus di Istana Negara, Jakarta pada tahun 2010.

Sementara penugasan di luar negeri meliputi UNAMID di Sudan pada tahun 2010 hingga 2011, CoESPU di Italia pada tahun 2013, ILEA FBI di Thailand pada tahun 2014, Course Forensic Crime and Crime Prevention di Korea Selatan dan Corupption Eradication Course di Australia pada tahun 2016.

Karier militernya juga cemerlang. Pria bergelar doktor ini pernah memegang sejumlah jabatan strategis diantaranya Kasat Reskrim Polres Sidoarjo, Wakapolres Malang, Kapolres Mimika, Kapolres Jayapura Kabupaten dan kini menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota. (*)

error: Content is protected !!