Pemprov Papua – Biak Numfor Gelar Festival Biak Munara Wampasi Sebagai Rangkaian Sail Teluk Cenderawasih

SAIRERINEWS.COM – Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) dan Festival Kasumasa Biak (FKB). Festival Biak Munara Wampasi adalah festival dengan daya pikat, daya pengaruh yang kuat, karena mampu menampilkan karakter, seni, budaya dan pola kehidupan orang Biak, Kota Karang Panas Biak, Kota sejuta pesona budaya, kuliner dan ekonomi kreatif.

Festival ini yang merupakan rangkaian acara Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Pada hari ini sabtu, 01 Juli 2023 Festival tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM – Ibu Elsye P. Rumbekwan, S.Pi, M.Si (mewakili Plh.Gubernur) dalam sambutan Gubernur Papua yang dibacakan bahwa Pemerintah Provinsi Papua dan seluruh masyarakat di Tanah Papua memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Biak agar terus menjaga dan melestarikan warisan budaya ini.

Dan juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yang telah mengikuti warisan budaya ini menjadi suatu festival, sehingga bisa memperkenalkan ke dunia luar, secara tidak langsung mengenal masyarakatnya untuk tetap mempertahankan budaya ini. Pemerintah Provinsi Papua dan seluruh masyarakat di Teluk Cenderawasih, khususnya Biak Numfor menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat – Kemenko marves atas kepercayaan yang diberikan sebagai salah satu penyelenggara Sail Indonesia 2023.

Dalam pembukaan yang dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktur Regional III Bappenas RI, Pj. Bupati Sarmi, Wakil Bupati Biak Numfor, Forkompimda Kabupaten Biak Numfor, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Para Pelaku Ekonomi Kreatif. Dalam kegiatan FBMW ini di ikuti kurang lebih 30 UMKM yang berada di Kabupaten Biak Numfor, dan dilanjutkan dengan lomba dayung dan parade perahu serta acara adat apen beyern.

Dalam kesempatan ini ketua Panitia dr. Ricard Mayor menyampaikan bahwa 2 kegiatan festival ini yaitu FBMW dilaksanakan dari tanggal 01-08 Juli 2023 dan dilanjutkan FKB dari tanggal 13-17 Juli 2023 ini merupakan side event dari Sail Teluk Cenderawasih 2023, banyak acara yang dilaksanakan dan tujuan utamanya dalam kegiatan ini untuk menggerakkan ekonomi umkm masyarakat kecil, dan berharap tradisi dan budaya ini dapat dilestarikan oleh masyarakat Biak Numfor dan sekitarnya. (*)

error: Content is protected !!