Pemuda Apresiasi Kebijakan Pj Bupati Yapen, Sentuh Rumah Warga Tak Layak Huni

SAIRERINEWS.COM – Pemuda Yapen apresiasi langkah Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Cyfrianus Yustus Mambay untuk membantu masyarakat ekonomi bawah untuk memiliki rumah yang layak.

Pemuda Yapen, Mark Imbiri menuturkan langkah yang dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Yapen adalah langkah kongrit guna menghadirkan pelayanan negara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan Bantuan Pembangunan Rumah (BPR) dibawah instansi terkait PUPR kabupaten Kepulauan Yapen.

“Ini hal yang sangat baik dan patut didukung semua pihak. Kita tau bersama bahwa banyak program-program yang bergulir untuk rumah bantuan kepada masyarakat, namun banyak pula kita temukan rumah-rumah bantuan tidak tepat sasaran dan tidak tepat guna lokasi penempatan huni” tutur Mark Imbiri.

Pj Bupati Cyfrianus Yustus Mambay didampingi Plt. Kadis PUPR, Jumiarto Dwibongga saat berbincang-bincang dengan pemilik rumah yang dinilai tak layak huni (foto : beritapapua.co)

Imbiri menuturkan “secara kasat mata, banyak kita temui rumah-rumah masyarakat yang dibangun di daerah pemukiman baru yang tidak ditempati dengan baik. Sepanjang jalan Serui – Dawai, ada beberapa kampung yang dilewati, terlihat banyak rumah bantuan yang dibangun namun tidak ditempati. Sehingga langkah yang dilakukan Pj Bupati dengan survey langsungĀ  dan mendata masyarakat di daerah rawan longsor untuk rehap rumah dan pindah rumah, itu langkah yang baik dan patut diapresiasi” tuturnya lagi.

Mark Imbiri yang merupakan junalis, serta aktivis masyarakat ini juga berpesan agar apa yang dilakukan oleh Pj Bupati bersama dengan instansi terkait dapat terealisasikan. Tapi juga pembangunan rumah dan rehap rumah warga mengacu dengan ketersediaan anggaran (APBD) yang tersedia di Tahun 2023.

“Kebijakan yang baik akan terlaksana dengan perencanaan yang baik, serta ketersediaan anggaran. Itu yang kami ingin sampaikan kepada pemerintah, agar program baik ini dapat terlaksana dengan ketersediaan anggaran pada APBD kabupaten Kepulauan Yapen, tahun 2023 ini.” tutupnya. (*)

 

error: Content is protected !!