Dinas Pendidikan Kepulauan Yapen “APBD 2023, Akan Membangun 4 SMA”

SAIRERINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, baru-baru meresmikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kiriyow, Distrik Yapen Utara.

Atas nama Pemerintah Daerah dan Penjabat Bupati Cyfrianus Yustus Mambay, Sekretaris Daerah (Sekda) Erny Tania meresmikan SMA Kiriyow ditandai dengan pengguntingan pita dan pemukulan tifa, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Zakarias Sanuari, Asisten I Setda Edi Nuco Mudumi, Asisten III Setda Wahyudi Irianto, 21/6/2023 kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen, Zakarias Sanuari menuturkan saat ini Pemerintah berkomitmen melakukan percepatan pembangunan disegala bidang, termasuk pembangunan fasilitas sarana pendidikan.

Sanuari menyebutkan bahwa dalam APBD Tahun Anggaran 2023, selain telah meresmikan SMA Kiriyow pemerintah telah anggarkan membangun 4 Sekolah SMA yang baru, yaitu ;

  1. SMA Marau,
  2. SMA Angkaisera,
  3. SMA Randawaya dan
  4. SMA PGRI Dawai

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, bahwa sebelumnya telah dibuka SMA Negeri Kosiwo di Distrik Kosiwo dan saat ini Pemerintah telah meresmikan dibukanya SMA Kiriyow, hal ini guna menjawab kebutuhan pendidikan lanjut tinggat atas di distrik-distrik.

“Dibukanya SMA Negeri Kosiwo dan Kiriyow guna menjawab Aspirasi dari masyarakat, karena jangkaun siswa untuk bersekolah sangat jauh ke kota, ini semata-mata sebagai upaya mendekatkan Akses pendidikan,” imbuh Zakarias Sanuari.

Harapnya para siswa yang ada di Distrik Kosiwo dan Distrik Yapen Utara bisa mengikuti proses pendidikan di sekolah tersebut, khusus untuk SMA Kosiwo akan menampung para siswa yang tamat dari SMP Sasawa, SMP Ariepi dan SMP Ambaidiru, sedangkan SMA Kiriyow menampung lulusan dari SMP Yobi, SMP Tindaret dan SMP Ariyobu.

Dalam peresmian SMA Kiriyow, Sekda Erny Tania menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkontribusi hingga SMA Kiriyou dapat di buka untuk menjawab kebutuhan pendidikan di distrik Yapen Utara.

“Atas nama Pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas kontribusi yang diberikan dalam menghadirkan satu unit sekolah SMA Negeri kiriyow, sebagai upaya mencerdaskan anak-anak Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi sosok-sosok yang berguna bagi bangsa dan negara” ucap Sekda Yapen Erny Renny Tania, membacakan sambutan Pj Cyfrianus Yustus Mambay.

Dikatakan Pemerintah telah mencanangkan program prioritas dibidang Pendidikan agar kesejahteraan di dunia pendidikan, pengetahuan dan infrasturktur akan semakin menunjang kedepannya, karena ini adalah hal yang penting.

“Harapan kita semua dengan diresmikan dan dibuka sekolah ini sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam menyediakan sarana dan fasilitas pendidikan, semoga kedepannya anak-anak kita yang berada di Distrik Yapen Utara ini akan lebih berprestasi dalam bidang pendidikan,”ujar Sekda.

Nota Dinas Pendidikan yang menjabat Kepala Sekolah SMA Negeri Kiriyow, menunjuk Yahya Paay sementara proses belajar mengajar memanfaatkan gedung SMP Negeri Tindaret, akan menampung peserta didik dari kampung Yobi, Soromasen, Doreimanona, Sambrawai, Kiriyow, Tindaret, Maronadore dan Rosbori (*)

error: Content is protected !!