Bupati Biak Ajak Semua Elemen Jaga Pancasila “Minta Toleransi Beragama Diwujudkan di Seluruh Indonesia”

SAIRERINEWS.COM – Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di Kabupaten Biak Numfor dipusatkan di Lapangan Gelanggang Remaja Cenderawasih, Kamis (01/06/2023).

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd mengajak peran aktif para tokoh-tokoh agama pendidik, budayawan, pelaku seni, pelaku media, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila.

Dikatakan, pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus ditingkatkan. Pendalaman nilai-nilai Pancasila melalui ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan, dan sejumlah lainnya menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya dengan telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila,” ujar Bupati saat bertindak sebagai inspektur upaca peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni.

Dikatakan, nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, maka akan dimengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote,” kata Bupati dengan lantang.

“Kita terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” lanjutnya.

Dalam pidatonya, Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucap Bupati

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Panbcasila dalam kehidupan keseharian kita.

Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

“Pancasila sebagai pegangan kehidupan sehari-hari dan diaktualisasikan dalam masyarakat Papua khususnya di Biak Numfor pada kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Herry Ario Naap pada upacara hari lahir Pancasila, Kamis, 1 Juni 2023.

Dalam kesempatan itu, Bupati Herry Naap juga mengatakan bahwa sWarga Biak Numfor khususnya dan Papua pada umumnya pada dasarnya telah menjalankan dan mengamalkan sejumlah nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila.

Tak hanya itu, Ia juga menegaskan, bahwa sikap toleransi umat beragama di Papua secara umum cukup baik, antara satu agama dengan agama lainnya saling menghargai. Bahkan, dari berbagai segu kehidupan lainnya, kebersamaan antara satu anak bangsa dan lainnya juga telah terhaga baik.

Toleransi beragama di Papua, masih lanjut Bupati, lebih nyata karena Pancasila sebagai dasar negara terlihat cukup nyata dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Kalau di beberapa daerah intoleransi umat beragama masih terjadi, maka di Papua tidak demikian dan khususnya lagi di Biak Numfor. Untuk itu, kita berharap agar Pancasila sebagai dasar negara benar-benar menjamin kehidupan semua lapisan masyarakat Indonesia, khususnya lagi bagi yang minoritas,” pungkasnya.

Pada kesempatan bersamaan Bupati Biak Numfor Herry menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo untuk menurunkan kasus stunting anak sebesar 20 persen.

“Untuk mengatasi penurunan angka stunting anak harus bergotong royong menurunkan kasus stunting,” ajak Bupati Herry Ario Naap.

Ia mengingatkan semua elemen masyarakat Biak Numfor bersama sama terus mengaktualisasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Tingkatkan kinerja dan prestasi untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harapnya.

Sekedar diketahui, setelah upacara hari lahir Pancasila, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap menyerahkan bendera merah putih untuk dikibarkan kepada perwakilan adat, masyarakat Nusantara, pemuda, dan tokoh masyarakat.

Sementara para peserta upacara tampil dengan pakaian adat nusantara dari berbagai daerah. (*)

error: Content is protected !!