Biak Numfor : Di Kepulauan Aimando Padaido, 100 Siswa dan 35 Guru Dilatih Berhitung Metode GASING

SAIRERINEWS.COM – Pelatihan berhitung dasar dengan metode Gampang, Asyik dan Menyenangkan (GASING) terus digulirkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor.

Kali ini pelatihan Pengimbasan dipusatkan di wilayah kelulauan, khususnya di wilayah Klasis Kepulauan Aimando dan Padaido, dan dibuka dengan resmi, Senin (29/05/2023).


Pelatihan pengimbasan dengan metode GASING di wilayah Kepulauan Aimando dan Padaido diikuti sebanyak 100 murid/siswa dan 35 guru dari 12 SD dengan 3 SMP.

Program Biak Pintar dengan menghitung dasar ini merupakan tindak lanjut kerja sama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (Surya Institute) yang dipimpin oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Biak Numfor, Kamaruddin, S.Pd mengatakan, kegiatan pengimbasan akan berlangsung selama tujuh hari itu melibatkan langsung 8 trainer dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor yang telah disiapkan bekerja sama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (Surya Institute) beberapa waktu sebelumnya.


“Ini adalah tindaklanjut dari kerja sama Prof. Yohanes Surya, intinya bahwa program pengimbasan dengan menyiapkan guru-guru dan anak-anak didik mahir berhitung akan dilakukan berkelanjutan, dan saat ini dilakukan di wilayah kepulauan,” kata Kamaruddin kepada Humaspro Biak via pesan singkatnya whatsapp.

Menurutnya, selama program pengimbasan berlangsung, para trainer wajib tinggal bersama-sama peserta trainer baik siswa/murid maupun para guru di Pasi. Para peserta belajar di SD YPK Pasi dan Balai Desa Pasi.

Secara terpisah, Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengatakan, program pelatihan atau pengimbasan dengan metoder GASING terus akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan bagi anak – anak di Kabupaten Biak Numfor.

“Program ini langsung akan berlanjut, tahap kedua dan ketiga nanti akan melibatkan anak – anak yang ada di Kepulauan Padaido, Aimando dan Numfor. Intinya pemerataan pembelajaran akan dilakukan di semua sekolah, tidak hanya di kota saja tetapi sampai ke seluruh pelosok Kabupaten Biak Numfor,” ucapnya.

“Saya berharap setelah selesainya pelatihan ini, ilmu yang didapatkan terus dikembangkan, apalagi guru-guru yang telah mengikuti pengimbasan nantinya agar dikembangkan itu ilmu yang didapatkan di masing-masing sekolahnya,” pesan Bupati.

“Didalam pengibasan ini, kita akan menyasar 166 SD yang ada di Biak, dan 232 guru. Jika skenario ini berjalan dengan baik dengan dukungan dari pemda, maka di akhir tahun 2023 akan ada 1992 siswa yang pintar berhitung cepat dengan metode GASING,”kata Kamaruddin.

Sekedar diketahui, pelatihan atau pengimbasan akan dilaksanakan di seluruh distrik dengan 6 klaster, klaster 1 di Biak Kota dan Samofa, Klaster 2 di Biak Utara dan Warsa, Klaster 3 di Biak Timur dan Oridek, Klaster 4 di Biak Barat dan swandiwe, Klaster 5 di Pdaido dan Aimando, Klaster 6 di Pulau Numfor. (*)

error: Content is protected !!