Berpengalaman Mengelola Pemerintahan Transisi “Doren Wakerkwa Dilantik Sebagai Pj Bupati Lanny Jaya”

SAIRERINEWS.COM – Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolas Kondomo S.H,M.H mewakili Menteri Dalam Negeri telah melantik Doren Wakerkwa, S.H, M.H sebagai Penjabat Bupati Lanny Jaya. Wamena 27 Mei 2023.

Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur Papua Pegunungan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan diikuti dengan Pembacaan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Bupati Lanny Jaya.

Acara pelantikan Penjabat Bupati Lanny Jaya tersebut juga dihadiri oleh Penjabat Sekda Papua Pegunungan Dr. Sumule Tumbo, Danlanud Wamena Letkol Pnb. Surono, Kapolres Lanny Jaya AKBP. Umar Nasatekay, S.Ik, AKBP Heri Wibowo, S.Ik selaku Kapolres Jayawijaya, Mayor I Wayan Budi, Selaku Danyon, 756/WMS, Ketua Pengadilan Jayawijaya Dedi Heryanto, S.H, Briur Wenda, Tim Ahli Papua Pegunungan, Befa Yigibalom sebagai Mantan Bupati Lanny Jaya, Para Pimpinan OPD Lanny Jaya, Anggota DPRD Lanny Jaya, serta tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama dari kabupaten Lanny Jaya.

Tepat pukul 12,02 siang acara pembacaan Sumpah Janji oleh Penjabat Bupati Doren Wakerkwa, S.H, M.H yang didampingi oleh rohaniawan, setelah pembacaan Sumpah Janji maka dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang di awali oleh Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo.

Didepan para hadirin yang menyaksikan acara pelantikan tersebut Nikolaus Kondomo mengajak para hadirin untuk memanjatkan Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas seijinnya maka kita bisa berkumpul disini dalam melaksanakan acara pelantikan ini.

Bedasarkan surat Keputusan 100.2.3-1209/ Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Bupati Lanny Jaya masa jabatan Pejabat adalah satu tahun dan dapat diperpanjang dengan orang yang sama atau berbeda selama satu tahun, merupakan amanat Negara kepada Penjabat yang dilantik.

Lanjut mantan Kajati Papua tersebut bahwa dirinya diberikan mandat untuk dapat melantik Penjabat Bupati Lanny Jaya mewakili Mentri Dalam Negeri, lanjutnya bahwa Atas nama Pribadi dan Provinsi Papua Pegunungan dirinya mengucapkan selamat kepada Penjabat Bupati Lanny Jaya yang telah dilantik, kiranya jabatan yang telah diemban ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sebab salah satu yang menjadi tugas utama oleh seorang penjabat adalah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan demi suksesnya penyelengaraan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Nikolaus juga berpesan kepada Penjabat Bupati yang telah ditunjuk oleh Negara sebagai PJ. Bupati Lanny Jaya bahwa jabatan merupakan amanah yang diberikan Tuhan melalui negara, sehingga kami selaku perwakilan pemerintah pusat berharap pada kesempatan ini agar diperhatikan dengan seksama dan sebaik baiknya.

Saya berpesan agar PJ Bupati dapat membangun sinergi dengan Forkopimda dan masyarakat, lanjutnya bahwa Pj. Bupati harus menjalankan Pemerintahan secara akuntabel, transparan dan bertanggung jawab, segera lakukan langkah-langkah yang diperlukan terutama pada tim Pengendali Inflasi daerah dan pangan agar dapat dikendalikan, serta menurunkan angka kemiskinan, stunting dengan menerapkan langkah-langkah taktis dalam kurun waktu satu tahun kedepan.

Pergantian Posisi PJ Bupati Lanny Jaya setelah terbit Keputusan dari Kementrian Dalam Negeri atas Usulan dari PJ Gubernur Papua Pegunungan diantaranya Doren Wakerkwa, Petrus Wakerkwa dan Alpius Yigibalom, sementara itu Penjabat Bupati Doren Wakerkwa, S.H, M.H sebelumnya menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan pada Pemprov Papua.

Dalam karirnya Doren sendiri pernah menjabat sebagai PJ pada beberapa kabupaten di Provinsi Papua, sehingga sudah cukup berpengalaman mengelola pemerintahan transisi seperti saat ini terjadi di Kab. Lanny Jaya. (*)

error: Content is protected !!