Sekda Yapen Buka Bimbingan Manasik, Di Ikuti 38 Calon Jamaah Haji

SAIRERINEWS.COM – Sebanyak 38 Orang Calon Jemaah Haji Kabupaten Kepulauan Yapen, mengikuti Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Daerah yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny R Tania, S.IP.

Dalam laporan Ketua Panitia, H. Suwardi, S.Ag melaporkan bahwa Tujuan dilaksanakan Bimbingan Manasik Haji kali ini adalah untuk Meningkatkan pemahaman dan prosedur bimbingan manasik haji agar jamaah haji bisa mandiri.

Dengan sasaran dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaiknya dengan syariat yang berlaku, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dengan peserta seluruh jamaah haji kabupaten kepulauan Yapen tahun keberangkatan 2023 dengan Jumlah calon Jamaah Haji yang mengikuti Bimbingan Manasik kali ini sebanyak 38 Orang yang terdiri dari 16 laki laki perempuan 22 Orang.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Yapen, Adolina Wopi, S.Th menjelaskan bahwa ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang ke 5 dan dapat dilakukan oleh umat muslim yang mampu baik secara fisik, psikis dan finansial dan memiliki keterkaitan erat dalam mendukung umat melaksanakan niatnya dalam melaksanakan ibadah haji.

Sebelum ibadah haji terlebih dahulu pemerintah atau kemenag melakukan pembinaan kepada calon haji melalui bimbingan haji. Dalam tahun 2023 secara khusus dalam Manasik Haji ada 10 kali pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji dimana 8 Kali dilaksanakan oleh kantor urusan haji kecamatan dan 2 kali dilakukan oleh kantor kemenag kabupaten.

Kepala kantor kemenag agama juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini diharapkan tercipta nya kemampuan yang handal bagi jamaah dalam melaksanakan ibadah haji nantinya.

Serta menjaga kesehatan sebab ibadah haji membutuhkan tenaga ekstra karena sebagian besar dilaksanakan dengan fisik.

Dirinya berharap bagi calon jamaah haji agar Dalam kegiatan manasik ini dapat mengikuti arahan yang disampaikan oleh setiap pemateri yang ada.

Pj Bupati Kepulauan Yapen selaku koordinator Urusan haji yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.IP sebelum membuka kegiatan manasik haji membacakan sambutan penjabat Bupati Kepulauan Yapen yang berhalangan hadir.

Dirinya menyebutkan bahwa bimbingan manasik haji ini adalah bagian komitmen, keseriusan dan kepedulian pemerintah daerah dalam mempersiapkan jamaah haji dalam mengikuti ibadah haji sebagai pengamalan rukun Islam ke 5.

Diharapkan calon jamaah dapat mengikuti dengan baik sehingga kelak dapat mengerjakan dengan sempurna

Dirinya berpesan agar selama mengikuti kegiatan bimbingan ini jangan malu bertanya kepada narasumber terkait hal hal yang belum dipahami. (*)

error: Content is protected !!