Bunda PAUD Biak Numfor Dapat Penghargaan Wiyata Darma Pratama dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

SAIRERINEWS.COM – Bunda PAUD Kabupaten Biak Numfor Ruth Naomi Rumkabu, S.Pd menerima Piagam Penghargaan Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Nasional Tahun 2022 kategori Wiyata Dharma Pratama dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim.

Penyerahan piagam penghargaan itu dilakukan langsung oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd disela-sela peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan pembukaan Festival Biak Pintar, di Demaga BMJ, Selasa (02/05/2023).

Penghargaan itu diberi dalam anugerah Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2022, karena usaha Ruth Naomi Rumkabu mendorong peningkatan layanan pendidikan anak usia dini, salah satunya meningkatnya Angka Partisipasi Sekolah (APS) Kabupaten Biak Numfor yang menempati peringkat pertama di Papua.

Bunda PAUD Ruth Naomi sendiri merasa sangat bersyukur dan mengapresiasi jajaran Kelompok Kerja (Pokja) PAUD, Dinas Pendidikan, para orang tua, lembaga-lembaga terkait lainnya dan semua pihak tanpa terkecuali yang telah bersinergi membantu mewujudkan penerimaan penganugerahan ini.

“Penghargaan ini untuk kita semua. Saya juga berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atas anugerah Wiyata Dharma Pratama,” katanya kepada wartawan.

Ruth Naomi yang juga adalah Istri Bupati Biak Numfor kembali menegaskan bahwa pelayanan bagi anak usia dini sangat penting, mengingat lima tahun pertama merupakan masa golden age atau usia emas anak-anak.

“Kami terus berupaya bagaimana agar pelayanan anak usia dini terpenuhi mulai dari kesehatan, pendidikan sampai fasilitas public. Tentu tidak mudah, namun dengan kerja sama dan komitmen yang sama dari kita semua, saya yakin PAUD di Kabupaten Biak Numfor akan terus mengalami kemajuan,” tandasnya.

Di sisi lain, lanjut dia, melalui Pokja PAUD merupakan tim yang solid, mereka selalu berdiskusi bersama mengeaai setiap program dan kegiatan yang akan dilakukan.

Oleh karena itu, dengan penghargaan tersebut dapat menjadi penambah semangat dan pemicu bagi Pokja PAUD, dinas terkait, guru maupun lembaga PAUD, untuk lebih meningkatkan kualitas mereka dalam memberi pelayanan kepada anak usia dini.

“Mereka ( anak usia dini) adalah generasi penerus pembangunan kita, dan tentu yang nantinya akan bersaing diberbagai kesempatan kerja. Jadi generasi ini harus dipersiapkan dari sekarang,” ucap Ruth Naomi Rumkabu yang juga adalah Ketua TP PKK Kabupaten Biak Numfor. (*)

error: Content is protected !!