Hardiknas ! Bupati Biak “Mari Kita Siapkan SDM yang Siap Pakai Ditingkat Nasional dan Internasional”

SAIRERINEWS.COM – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 berlangsung semarak di Dermaga Pantai BMJ Biak, Selasa (02/05/2023).

Peringatan Hardiknas tahun 2023 ini menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Biak.
Sejumlah acara dan kegiatan ikut ditampilkan dari berbagai sekolah menyemarakkan Hadiknas kali ini. Tak hanya pametan inovasi, lomba kompetensi siswa seperti pidato dengan tugas bahasa (Inggris, Indonesia dan Biak) serta sejumlah lainnya.

Upacara peringatan Hardiknas diikuti berbagai elemen, mulai dari tingkat pelajar, perguruan tinggi, ASN dan sejumlah lainnya. Tak hanya Wakil Bupati dan jajaran OPD yang juga hadir, namun unsur Forkopimda dan undangan lainnya juga ikut hadir.

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengajak semua pihak tanpa terkecuali untuk terus bahu membahu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, SDM yang nantinya siap tampil dikesempata kerja tingkat nasional maupun internasional.

Dikatakan, sejak dulu kualitas SDM Biak Numfor tidak diraguhkan lagi, Biak dikenal selama ini karena kualitas SDM-nya yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan di Tanah Papua.

Olehnya itu, lanjut Bupati, melalui momen Hari Pendidikan Nasinal (Hadiknas) mengajak, semua pihak untuk menyatukan tekad dan komitmen terus meningkatkan kualitas SDM melalui penyelenggaraan dan pembangunan sector pendidikan yang lebih baik lagi.

“Mari kita ciptakan dan siapkan anak-anak yang siap dipakai di dunia kerja tingkat nasional dan internasional. Saya yakin bisa semua kita wujudkan karena upaya-upaya itu sudah kita lakukan dan akan terus lakukan,” ujar Bupati disela-sela upacara peringatan Hardiknas.

Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadin Makarim dalam pidatonya menyampaikan bahwa; sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seoorang manusia dan masyarakat.

Dikatakan, para guru sekarang berlomba-lomba berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar, serta bebas berinovasi dengan hadirnya kurikulum merdeka. kurikulum merdeka guna menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk PTN yang mengukur pada kemampuan literasi dan bernalar.

“Hardiknas tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, dengan demikian kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar,” kata Bupati membacakan samburan Menteri Nadin.

“Oleh karena itu mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter dan membawa Indonesia mmelompat kemasa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” lanjutnya. (*)

error: Content is protected !!