Sore ini di BMJ ! Panggung Hiburan Hadir di Rangkaian Festival Gerhana Matahari Biak Numfor

SAIRERINEWS.COM – Berbagai rangkaian akan digelar menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) di Biak. Pasalnya, fenomena alam ini disebut-sebut hanya terjadi sekali dalam 1 abad (khusus untuk gerhana matahari total) dan hanya bisa disaksikan di Biak dan Pulau Kisar (khusus untuk GMT).

Salah satunya yang akan digelar adalah Festival Gerhana Matahari. Festival ini diisi dengan berbagai kegiatan, beberapa diantaranya seperti pameran UMKM dan panggung hiburan rakyat di sekitar dermaga eks BMJ, Selasa (18/04/2023) sore nanti. Rencananya akan dimulai jam 16.00 WIT (jam 4 sore) sampai malam dan akan berlangsung hingga tanggal 20 Apri 2023.

Selain itu, Selasa pagi hingga siang ini juga dilakukan sosialisasi tentang Gerhana Matahari oleh tim peneliti dari jurusan Astronomi Fakultas MIPA Institut Teknologi Bandung (ITB) di beberapa SMA yang ada di Kota Biak.

Tak hanya itu, terkait dengan Festival Gerhana Matahari dan puncak terjadinya GMT, maka Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melakukan penataan dan pembersihan dikawasan sekitar eks Pelabuhan dan pantai BMJ, termasuk ke wilayah Kampung Samau.

“Arahan Bpk. Bupati, kita bersihkan semua lokasi, kita tata, karena pengamatan secara massal akan dilakukan di sepanjang pantai BMJ. Jadi mulai dari lokasi, hingga tempat parkir kendaraan masyarakat kita sudah mulai siapkan, karena diperkirakan ada ribuan orang yang akan hadir,” kata Wakil Bupati Calvin Mansnembra, SE,M.BA saat memimpin langsung pembersihan di lokasi sekitar eks BMJ.

“Tamu-tamu kita yang datang banyak dari luar dan dari berbagai kota serta luar negeri, tak hanya para peneliti, dari kementerian terkait dari Jakarta juga aka nada. Makanya saya minta semua OPD maksimal dalam melakukan persiapan,” imbuh Bupati Herry Ario Naap mengingatkan anak buahnya saat rapat koordinasi di Pantai BMJ, tadi malam.(*)

error: Content is protected !!