Sampah di Serui Penyebab Banjir ! Yapen Butuh Gerakan Penyadaran Bersama

SAIRERINEWS.COM – Masalah sampah memang cukup menjadi problem di sejumlah daerah termasuk kabupaten kepulauan Yapen. Tepatnya di distrik Yapen Selatan yang menjadi ibu kota kabupaten kepulauan Yapen, masalah sampah sudah sangat memprihatinkan.

Sampah plastik cukup banyak di Serui, setiap hujan selalu sampah plastik menyumbat saluran dan mengakibatkan banjir.

“Hujan tadi malam, bertepatan dengan air laut pasang, sehingga air dari darat ke laut cepat tertampung di muara, hingga banjir terjadi. Namun selain dari itu, banyaknya sampah menjadi penyebab banjir” ujar Irman, warga Kali Dingin. Rabu, 6/4/2023.

Hal yang sama juga dikeluhkan warga kampung Banawa, dimana kampung iniberada di pinggir pantai dan muara kali ini cukup mendapat dampak sampah plastik.

KESADARAN MASYARAKAT

Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih minim dan butuh tempat sampah yang baik dengan pengelolaan yang baik pula. Banyak masyarakat masih membuang sampah rumah tangga langsung ke kali dan juga ditumpuk di pinggiran jalan bahkan kerap kali buang ke got/drainase.

ARMADA ANGKUTAN SAMPAH HARUS DIPERHATIKAN

Sampah-sampah yang menjadi tanggungjawab dinas kebersihan kabupaten kepulauan Yapen, harusnya di perhatikan oleh Bupati dan DPRD Yapen dalam hal pembiayaan untuk pemenuhan kebutuhan sarana-prasarana. Baik armada tempat sampah, mobil sampah, bak sampah hingga pengelolaan tempat akhir pembuangan sampah.

Tak hanya itu, petugas sampah dari sapu jalan hingga pegawai negeri, wajib diberikan ruang aspirasi dengan tunjangan hak-hak gaji atau tunjangan yang baik. Demikian juga dengan penyelesaian hak tanah yang di jadikan sebagai tempat pembuangan sampah akhir.

Butuh study banding untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dinas yang mengelolah sampah, agar banyak inovasi dan kreativitas yang tercipta di Yapen dari pengelolaan sampah tersebut.

Salah satu contoh pengelolaan sampah berkesinambungan adalah dengan pemanfataan bank sampah yang telah dipublikasikan bersama Kelurahan Serui Kota dalam rangka HUT Yapen 54 tahun 6 maret 2023 kemarin. Dimana animo masyarakat sangat antusias mengelola sampah.

KETERLIBATAN KOMUNITAS PEMUDA DAN MITRA

Komunitas pemuda yang ada dikabupaten kepulauan Yapen, baiknya perlu aktif dilibatkan dan diberdayakan. Salah satu komunitas yang bergerak pada bidang lingkungan adalah Komunitas Peduli Lingkungan (Kopling) dan komunitas pemuda lainnya.

Keterlibatan dan pemberdayaan komunitas dapat membantu edukasi lingkungan yang baik, demi merawat motto kabupaten kepulauan Yapen ACIS : Aman, Ceria, Indah dan Sehat.

Demikian juga dengan mitra strategis lainnya, perlu dilibatkan dan diberdayakan dalam proses pembangunan daerah dalam lingkup lingkungan.

PERLU ADANYA LANDASAN HUKUM DAERAH TENTANG SAMPAH DAN LINGKUNGAN

Komitmen pemerintah daerah untuk pengelolaan sampah skala berkelanjutan, perlu adanya peraturan daerah (Perda) sebagai landasan hukum kepatuhan dalam menjalankan kebijakan. Melibatkan birokrasi dan pengelolaan sampah mulai dari tingkat kampung hingga distrik, perlu adanya landasan hukum.

(MI)

error: Content is protected !!