32 Tahun Jadi Menteri : Jokowi Resmi Melantik Dito Ariotedjo Sebagai Menpora

SAIRERINEWS.COM – Presiden Joko Widodo resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI). Pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu jadi menteri termuda saat ini di Kabinet Presiden Jokowi, berusia 32 tahun.

Menpora Dito dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4). Menpora Dito hadir di Istana bersama istri Niena Kirana Riskyana dan sang anak, Sadia serta keluarga.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Menpora Dito kelahiran 25 September 1990, kini berusia 32 tahun. Dia pernah jadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Profil Dito Ariotedjo Dito Ariotedjo memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Selama ini ia dikenal sebagai anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak April 2022.

Dito merupakan politisi muda dari Partai Golkar yang bergabung dengan partai tersebut sejak tahun 2016. Dikutip dari Kompas.tv, Dito lahir di Jakarta pada 25 September 1990 atau kini berusia 32 tahun. Dia diketahui pernah menjadi Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan juga sempat mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Selain itu Dito juga pernah menjadi Ketua Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta demi menyalurkan hobinya di bidang olahraga.

Dekat dengan Raffi Ahmad dan RANS Sport Pada tahun 2018, Dito dipercaya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina.

Aktivitasnya di dunia olahraga di antaranya berkecimpung bersama Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor, Rudy Salim membentuk Rans Sport dan menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC, klub sepakbola yang berbasis di Jakarta dan Chairman RANS PIK Basketball. Dikutip dari TribunNews (21/3/2023) Dito merupakan anak dari Arie Prabowo Ariotedjo yang merupakan pengusaha pertambangan. Ario pernah menjabat sebagai Dirut Antam pada 2017-2019.

Dito juga merupakan cucu perwira TNI angkatan 45, Marsdya TNI (Purn) alm. Sri Bimo Ariotedjo. Saat proses penyusunan Kabinet Indonesia Maju tahun 2019 lalu, Dito Ariotedjo masuk dalam daftar 10 calon menteri yang disodorkan Airlangga Hartarto kepada Jokowi meskipun saat itu ia tidak terpilih.

Menpora sebelumnya mundur

Dito akan dilantik menggantikan Zainudin Amali yang memutuskan mundur sebagai Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya akan melantik Menpora pengganti Zainudin Amali pada pekan ini.

Hal itu disampaikan Jokowi menjawab keterangan wartawan usai meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

“(Menpora dilantik) Minggu depan,” ujar Jokowi Dalam pelantikan kali kali ini, Presiden Jokowi juga melantik Kepala BNPT yang baru menggantikan Boy Rafli Amar. Boy diganti karena dirinya sudah memasuki masa pensiun dan disebut-sebut akan digantikan oleh Komjen Rycko Amelza Dahniel. (*)

(EG)

 

error: Konten dilindungi !!!