STC : Sudah Ada Investor Yang “Melirik” Rumput Laut Yapen

Pj Bupati Yapen, Cyfrianus Yustus Mambay,S.Pd.,M.Si.

SAIRERINEWS.COM – Sail Teluk Cenderawasih (STC) Tahun 2023 yang digelar di lapangan Trikora (Alun-alun) Serui, kabupaten kepulauan Yapen berjalan dengan baik dari tanggal 29 sampai 31 Maret 2023.

Namun atensi masyarakat, sehingga Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Cyfrianus Yustus Mambay,S.Pd.,M.SiĀ  menambah 1 hari malam hiburan bersama IKM (Industri Kecil Menengah) dan Usaha Makro Kecil Menengah (UMKM) dan masyarakat, Sabtu, 1/4/2023.

“STC telah berjalan sesuai jadwal, 29 sampai 31 Maret. Namun masyarakat meminta kepada saya penjabat Bupati Yapen, sehingga menambah 1 hari lagi untuk hiburan. Atas nama Pemerintah Daerah, kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan pelaku IKM dan UMKM yang telah mempromosikan usaha dari produk unggulan yang ada di Yapen” tutur Pj Bupati Yapen, Cyfrianus Yustus Mambay,S.Pd.,M.Si.

Cyfrianus Yustus Mambay,S.Pd.,M.Si menambahkan bahwa sudah ada pembicaraan penawaran dari investor yang tertarik dengan rumput laut dari Yapen.

“Ada pembicaraan dengan investor yang melirik potensi rumput laut Yapen, namun permintaannya adalah 10 ton produksi. Jika petani rumput laut mampu produksi minimal 10 ton per bulan, maka pihak investor berminat bangun pabriknya di Serui. Ini menjadi tantangan bagi pemerintah daerah, melalui dinas Perikanan dan petani rumput laut untuk menjawab potensi ini. Namun lebih dari itu, hari ini menjadi satu kebangkitan luar biasa untuk mengangkat potensi Yapen lebih baik lagi” tutur Pj Bupati Yapen.

“Pemerintah daerah akan menindak lanjuti hal ini. Selain evaluasi STC, saya (Pj Bupati) dan kepala dinas Perikanan juga akan evaluasi dengan dirjen Budidaya kementerian Kelautan dan Perikanan di tanggal 11 April besok” tambahnya.

Kepada awak media, Cyfrianus Mambay mengatakan apresiasi nya kepada media yang telah membantu publikasi potensi Yapen dalam ajang STC. Ia. mengatakan bahwa pemerintah pusat juga menargetkan dari STC yang berlangsung di Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Waropen dan Sarmi dapat berkesinambungan, yakni keberlanjutan produksi dan juga lirikan investor.

“STC sejak di launching Februari lalu akan berjalan di kabupaten Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Waropen dan Sarmi. Biak dengan potensi Tuna, Yapen dengan Baramundi, Rumput Laut dan Kopi, Waropen dan Sarmi dengan Kepiting, Udang dan Ikan. Puncak STC akan dilangsungkan bulan November di Biak Numfor, di hadiri oleh Presiden Joko Widodo untuk ekspor perdana potensi-potensi dari 4 kabupaten yang menyelenggarakan STC ini” tutupnya. (*)

(M.I)

error: Content is protected !!