Di Serui : 36 Regu Yospan Display Ramaikan Sail Teluk Cenderawasih

SAIRERINEWS.COM – Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Yapen yang ke 54 tahun, 6 Maret 2023. Dewan Kesenian Tanah Papua Wilayah Saireri, Kabupaten Kepulauan Yapen melaksanakan lomba Yospan Berjalan (Display) di alun-alun Trikora Serui, 30 Maret 2023.

Kegiatan lomba ini juga turut mensukseskan Sail Teluk Cenderawasih yang sedang berlangsung di Serui, 29 sampai 31 Maret.

Dengan koordinasi dengan bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan kabupaten Kepulauan Yapen, Dewan Kesenian menyelenggarakan lomba Yospan display, dengan peserta 36 regu yang terbagi dalam 2 hari kegiatan, 29 dan 30 Maret.

Juri Lomba Yosim Pancar (Yospan) Display, Sonny Mbaubedari.

“Kami Dewan Kesenian Yapen, sejak 29 Maret kemarin telah menyelenggarakan lomba Yospan ini. Ada 36 regu yang di lombakan, yang terbagi dalam kategori pelajar yaitu SD, SMP dan kategori umum dari SMA, Sanggar dan OPD” jelas Juri Lomba Yosim Pancar (Yospan) Display, Sonny Mbaubedari.

Sonny menjelaskan bahwa antusias terhadap seni Yospan ini cukup baik dan perlu dilibatkan lomba-lomba seperti ini disetiap momentum, sebagai bentuk pemberdayaan Budaya bagi generasi Papua, khususnya Kepulauan Yapen.

“Ada keterlibatan regu dari distrik Nusawani, kampung Perea dan ada juga dari Kampung Sasawa, distrik Kosiwo. Ini menunjukan bahwa dalam waktu persiapan yang singkat, namun ada keterlibatan dari kampung cukup jauh dari kota Serui, maka kiranya menjadi atensi bagi Pemerintah Daerah untuk terus memberikan panggung kepada pengembangan potensi Seni” harap Sonny Mbaubedari.

Juara yang disediakan oleh Dewan Kesenian Yapen bersama panitia yaitu, juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3 untuk 2 kategori lomba.

Salah seorang guru yang mendampingi anak murid nya mengatakan cukup berterimakasih atas perlombaan yang disediakan, kiranya dapat terus dikembangkan agar dapat membentuk karakter siswa untuk melestarikan tarian Seni Budaya yang ada di Tanah Papua.

Sail Teluk Cenderawasih yang dilaksanakan di kabupaten Kepulauan Yapen, terselenggara dalam kemasan Pameran IKM/UMKM dan Lomba-lomba serta hiburan rakyat, bertempat di lapangan Trikora Serui, 29 sampai 31 Maret 2023 dengan tagline TORANG HEBAT. (*)

(M.I)

error: Content is protected !!