Papua Raih Penghargaan UHC (JKN-KIS), Pemprov Siap Berinovasi Tingkatkan Jaminan Kesehatan

SAIRERINEWS.COM – Pemerintah Provinsi Papua baru-baru ini diganjar penghargaan sebagai salah satu provinsi yang mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), hingga terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

Plt. Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Suzana D. Wanggai, Kamis (16/3/2023), di Jayapura mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian tersebut.
Pemprov Papua bersama pihak terkait, lanjut dia, siap mempertahankan capaian tersebut serta segera melakukan inovasi pada pelayanan dan jaminan kesehatan yang ada di Bumi Cenderawasih.
“Untuk penghargaan UHC yang diterima Papua kemarin merupakan suatu bentuk apresiasi atau penghargaan atas komitmen pemerintah daerah kabupaten, kota dan provinsi dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.”
“Dan kita akan terus berkomitmen kuat berinovasi supaya masyarakat dapat memperoleh jaminan kesehatan kapan dan dimana saja saat membutuhkan. Sebab kita juga ingin supaya target pemerintah pusat dimana jaminan kesehatan mencakup 95% dari total penduduk itu bisa tercapai,” terang Suzana.
Suzana pada kesempatan ituj uga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Jayapura serta BPJS Kesehatan Cabang Biak yang telah bekerja keras agar masyarakat di wilayah Provinsi Papua bisa terjamin ke dalam Program JKN.
“Dengan telah tercapainya UHC di Provinsi Papua dan 9 Kabupaten/Kota, maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Papua tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN,” tandasnya.
Diketahui, sampai dengan Februari 2023 di wilayah Provinsi Papua jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebanyak 183 dan jumlah Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan sebanyak 15 yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. (*) papua.go.id

error: Konten dilindungi !!!