Brand Merek TOP.ID : Smartphone dan Laptop Buatan Asli Anak Papua Akan Diekspor ke Papua Nugini

SAIRERINEWS.COM – TOP.ID sendiri merupakan singkatan dari Torang Papua Indonesia karya Kumpulan anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH) akan segera meluncurkan brand smartphone dan laptop pertama di Papua dengan nama TOP.ID.

Ini menjadi salah satu capaian dari organisasi pemuda Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan organisasi kepemudaan Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sementara untuk laptop TOP.ID, nantinya akan menggunakan memori dengan total sebesar 8192 MB dengan kecepatan baca mencapai 2133 MHz.

“Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, untuk masyarakat Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri,” ujar Elia Musa Rawar, Program Manager Bidang Teknologi PMI pada Selasa, 14 Maret 2023 kemarin.

Menurut Elia Musa Rawar, TOP.ID merupakan singkatan dari Torang Papua Indonesia. Dia mengklaim, bahwa ini merupakan brand smartphone dan laptop pertama yang asli Rakitan anak Papua. Para perakit smartphone dan laptop TOP.ID ini, dijelaskan Elmus, adalah anak-anak dari salah satu sekolah menengah kejuruan di Jayapura.

“Sehari-hari mereka memang berbakat dalam bidang elektronik dan komputer juga. Jadi ketika kami bawa mereka untuk ikut pelatihan, untuk mengenalkan mereka bagaimana cara membuka hp, cara merakit hp dari zero hingga layak digunakan layaknya sebuah hp baru,” jelas Elmus.

Dalam peluncuran brand TOP.ID, Elmus menuturkan saat ini pihaknya tengah berusaha mendaftarkan merek TOP.ID sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Peluncuran brand TOP.ID sendiri, akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat ia datang ke Papua.

Ini juga bersamaan dengan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub sebagai wadah anak-anak muda Papua bebas berkreasi.

“Sejauh ini kami dalam tahap percontohan, ada ratusan unit gadget yang sudah kami rakit. Setelah itu kami akan buat promosi dan mulai menjualnya setelah peluncuran nanti, yang akan diresmikan oleh Bapak Jokowi,” ujarnya.

Pria yang mengambil program sarjana di Shenyang Aerospace University di China dan program magister di Portland State University di USA itu berkomitmen akan mengedarkan TOP.ID setelah berhasil diluncurkan.

“Targetnya selain di Papua, atau mungkin nanti juga bisa di Papua Nugini, karena itu negara terdekat dari Papua dan masih berada di satu daratan. Wilayah timur Indonesia khususnya,” kata Elmus.

Lewat pelatihan dari PYCH, Elmus berharap anak-anak muda Papua mampu menambah wawasan dan skill untuk bisa berinovasi, maupun menciptakan lapangan pekerjaan di bidang reparasi gawai dan komputer.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan atas semua kesempatan, semua fasilitas, dan semua hal yang bapak buat untuk anak-anak Papua agar dapat berkreatif, dan dapat mendapatkan fasilitas yang begitu wow,” tutupnya.

Smartphone merk TOP.ID (Torang Papua Indonesia), direncanakan akan menggunakan model M13 dengan RAM 12 GB dan ROM 512GB. TOP.ID juga akan menggunakan android versi 11.0 dengan resolusi 1440X3040. (*)

Sumber : Rilis Media/TVOne

error: Content is protected !!