Soroti Proses Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Dapil IV Maybrat, Pemuda Minta Kesetaraan Gender

SAIRERINEWS.COM – Intelektual muda Yumasses di Distrik Ayamaru Utara, Devis Yunus Jitmau S.T dalam menanggapi proses pengajuan bakal Calon Anggota DPRD daerah pemilihan (Dapil) IV kabupaten Maybrat dari partai Demokrat di distrik Ayamaru Utara terlalu mementingkan dan memanfaatkan untuk kepentingan partai dalam memperoleh suara.

Dengan tegas dia mengatakan pengusungan bakal calon anggota DPRD dapil IV Kabupaten Maybrat di Distrik Ayamaru Utara harus ada keterwakilan laki-laki, tidak bisa yang diajukan sebagai bakal calonnya adalah keterwakilan perempuan.

Secara historis ini sudah kedua kalinya Partai Demokrat mengusung Calon Anggota DRPD dapil IV Maybrat dari Distrik Ayamaru Utara dengan keterwakilan perempuan.

Pertama di Pileg tahun 2019 dan yang kedua di pemilu tahun 2024 yang akan datang ini, dan hasilnya pun sama saja yang diajukan adalah keterwakilan perempuan.

Ada apa sebenarnya dibalik dari proses politik dari pengusungan ini, proses-proses pengusungan seperti ini patut kita pertanyakan?

Masyarakat disini tidak boleh selalu dijadikan komoditas politik semata untuk kepentingan partai demokrat di Dapil IV ini.

“Saya sampaikan bahwa Kita di Distrik Ayamaru Utara, mempunyai pengorbanan politik yang besar sama seperti daerah lain bagi karier politik ketua DPC Partai demokrat Maybrat. Kita tidak bisa terus-menerus selalu dijadikan sebagai Eksploitasi Politik semata untuk kepentingan partai demokrat, Sebagai intelektual muda Yumasess di Distrik Ayamaru Utara Mantan Ketua GMKI FT Uncen ini menyampaikan rasa kekecewaan tersebut kepada ketua BPC Partai Demokrat Maybrat Bpk.Karel Murafer. SH.MA atas keputusan yang ia ambil”.

Menurut Devis jika memang Ketua BPC partai demokrat Maybrat tidak bisa merekomendasikan Bakal Calon Anggota DPRD dapil IV. Yumasess dari keterwakilan laki-laki di Distrik Ayamaru utara maka dia jangan mengajukan bakal calon keterwakilan perempuan di distrik tersebut, sebab itu akan berpengaruh pada gesekan ditengah-tengah masyarakat di Distrik Ayamaru Utara.

Devis juga berpendapat bahwa jika Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Maybrat berencana mempunyai langkah investasi politik kedepannya, maka mestinya Ketua DPC Maybrar tidak boleh melakukan hal itu, sebab ia sendiri telah membangun pencitraan yang buruk di tengah-tengah masyarakat.

Dan di sampaikan kepada seluruh pemuda/pemudi, mahasiswa, masyarakat dan seluruh intelektual yang ada di Distrik Ayamaru Utara agar mempunyai kesadaran bahwa, kedepan kita tidak boleh selalu dimanfaatkan dengan kondisional yang diciptakan mereka dalam manajemen politik praktis yang saat ini terjadi.

Kita juga punya kemampuan, kita punya kapasitas, kita punya kapabilitas, dan kita punya potensi sumber daya manusia (SDM) yang besar di negeri ini untuk bisa bersaing di daerah ini.(*)

error: Content is protected !!