Bank Indonesia Sosialisasi Penggunaan QRIS Bagi ASN di Serui

SAIRERINEWS.COM – Bank Indonesia menggelar Sosialisasi Qoick Response Indonesian Standar (QRIS) bersama ASN Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, yang berlangsung di Gedung Silaspapare Serui, Kamis, 2/3/2023.

Tommy Andreas dari deputi perwakilan BI Papua mengatakan bahwa ini adalah tugas pertama nya di provinsi Papua sebagai deputi perwakilan Bank Indonesia. QRIS  adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Tommy Andreas dari deputi perwakilan BI Papua

Tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk dapat memperkenalkan QRIS dan mendorong para ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Selain itu  memudahkan ASN untuk dapat bertransaksi secara digital. Adanya transaksi dengan QRIS dapat menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bias digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

BI selaku regulator dari sistim pembayaran tentunya menjaga keamanan dan perlindungan dari QRIS tersebut.

Diharapkan QRIS dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk dapat menjalankan aktivitas transaksi.

Sementara itu dalam sambutan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay yang dibacakan oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir Edi N Mudumi mengajak seluruh ASN mengikuti sosialisasi ini dengan baik sebagai media edukasi untuk memperoleh pemahaman tentang QRIS.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir Edi N Mudumi

Yaitu bagaimana penggunaan serta apa peruntukan nya dan manfaatnya sehingga dapat menopang rutinitas tugas dan kerja terutama yang berhubungan dengan transaksi.

Hal ini adalah bagian dari tuntutan era globalisasi sehingga dapat mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi tanpa terkecuali bagi ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga tak tertinggal melainkan semakin maju dan berkualitas tutur nya.

“Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia disertai harapan kiranya kerjasama yang baik ini dapat terus kita bangun demi kemajuan pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Kepulauan Yapen”ungkapnya.

Penggunaan teknologi ini maka semua yang dilakukan dan dibutuhkan tidak lagi dilakukan secara manual tetapi secara online yang berdampak pada, kemudahan, kenyamanan dan kecepatan. dirinya juga  mengajak semua peserta dapat menyambut baik sosialisasi ini sebagai terobosan yang dibuat oleh bank Indonesia dalam rangka memfasilitasi ASN dan masyarakat di kabupaten kepulauan Yapen.

QRIS merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk mendorong perluasan penggunaannya kepada masyarakat dengan melakukan transaksi dengan cara elektronik dan melalui standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code, agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya. (*)

Andre Woria/Humas Setda Yapen

error: Content is protected !!