Serahkan DPA, Pj Bupati Yapen Minta OPD Fokus Kegiatan Berskala Prioritas

Penyerahan DPA Pj Bupati Yapen Cyfrianus Mambay - Sekretaris Daerah Yapen Erny Tania (Humas Pemda Yapen)

SAIRERINEWS.COM – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si,. menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari Jumat 24/02/2023.

Penyerahan DPA yang berlangsung di Gedung Silaspapare Serui, Pj Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay mengatakan bahwa dirinya berterima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah menyetujui APBD 2023, melalui peraturan daerah nomor 1 Tahun 2023 tentang APBD Kabupaten tahun 2023 guna menopang penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Pj Bupati Mambay berharap penyerahan DPA bukan sekedar menjadi seremonial semata namun paling utama adalah terbangunnya komitmen awal dari masing-masing perangkat daerah untuk mampu melaksanakan program dan kegiatan prioritas tahun 2023 guna menunjang rencana pembangunan daerah yaitu peningkatan harmonisasi sosial dan tata kelola pemerintahan untuk menopang kondusifitas wilayah perekonomian daerah serta kesuksesan Pemilu serentak 2024 mendatang.

Selain itu sejumlah hal yang menjadi pesan darinya yaitu agar pimpinan OPD dalam melaksanakan DPA tahun 2023 dapat mengelola dan menggunakan anggaran dalam DPA secara disiplin, jujur, transparan dan bertanggung jawab serta kedepankan sikap dalam koridor hukum.

Hal ini ditegaskan, sehingga tidak berhadapan dengan aparat penegak hukum di kemudian hari karena terjadi penyalahgunaan anggaran, pemborosan, mark-up, dan menyimpang dari ketentuan perundangan undangan yang berlaku, pesan Mambay.

Selain itu diharapkan pro aktif dalam pengendalian dan pengawasan intern sehingga konsisten pada perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan pertanggungjawaban Anggaran yang tepat waktu, tetap mutu dan tepat waktu serta melakukan evaluasi secara berkala.

Pj Bupati Mambay juga berharap agar alokasi anggaran untuk setiap OPD harus lebih dominan penyerapan dan penggunaannya untuk kegiatan utama bukan untuk kegiatan pendukung dan fokus pada outcome bukan hanya output dalam arti APBD harus benar-benar dipakai untuk kegiatan yang berskala prioritas.

APBD juga tidak hanya menampakan hasil tapi harus ada manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Dirinya juga meminta kepada masing-masing pimpinan OPD untuk menyiapkan segala administrasi baik penyediaan barang dan jasa serta belanja modal agar segera diproses sesuai ketentuan yang berlaku guna percepatan penyerapan anggaran di masing-masing OPD.

Pj Bupati Kepulauan Yapen ini juga menambahkan bahwa APBD 2023 ini diarahkan juga kepada Sail Teluk Cenderawasih dan pemilu 2024 yang persiapan nya sudah disiapkan mulai saat ini. Kepada pimpinan OPD teknis yang menangani 2 agenda ini diminta agar dapat mengelola keuangan daerah ini dengan baik. (*)

Andre Woria (Humas Yapen)

error: Content is protected !!