PANITIA SAIL TELUK CENDERAWASIH 2023 YAPEN TERBENTUK, EDY MODUMI KETUPAT

SAIRERINEWS.COM – Sail Teluk Cenderawasih pada November 2023 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar rapat pembentukan panitia kabupaten.

Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay menyampaikan arahan nya bahwa telah ada jadwal pelaksanaan, maka harus disampaikan kepada semua yang terlibat agar dapat diketahui dan mempersiapkan.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Waktu yang terbatas maka panitia harus bekerja maksimal dan cepat guna mempersiapkan STC. Sementara khusus bagi OPD yang terlibat langsung, PJ Bupati Mambay meminta agar dapat memaksimalkan produk produk ekonomi masyarakat dengan memperhatikan waktu yang ada.

“Kerja itu kerja sama dengan staf, panggil staf rapat untuk mempersiapkan langkah langkah apa yang menjadi prioritas kita ” ujar Pj Bupati Yapen

Pj Bupati Mambay juga menyoroti Dinas Pariwisata, dirinya minta agar dapat fokus dengan destinasi wisata apa yang dapat ditujukan, harus sepakat dan dikemas, ditata dengan baik.

Spot spot yang dekat juga harus juga disiapkan. Jika direncanakan terlalu banyak dengan jangka waktu serta memperhatikan cuaca akan kacau ujarnya. Terkait Festival Saireri, harus dipersiapkan dan dihitung dengan waktu. Dirinya berharap agar panitia bisa maksimal.

Sekretaris Daerah, Erny R Tania pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa maksud dan tujuan rapat ini adalah lebih dalam membentuk panitia Sail Teluk Cenderawasih, sejumlah even di Yapen akan digelar antara lain, pameran ekonomi kreatif, workshop dan festival Saireri 2023.

Diharapkan panitia yang terlibat dapat berpartisipasi aktif ujar sekretaris daerah. STC ini adalah event besar yang melibatkan 4 kabupaten, antara lain, Biak Numfor, Yapen, Waropen serta Sarmi. Khusus kabupaten Kepulauan Yapen telah ditunjuk Ketua panitia Sail Teluk Cenderawasih yang di jabat oleh Asisten 1 Pemerintahan Ir Edy N Mudumi.

Beberapa Produk Unggulan Yapen yang akan diekspor adalah Kopi Ambaidiru, Rumput Laut serta Ikan Baramudi. Dijelaskan ketua panitia bahwa STC ini harus melibatkan semua OPD sehingga Hal inilah yang harus disiapkan dinas teknis untuk bekerja sama dengan lokus lokus yang ada di spot masing masing ujar Erny Tania.

Asisten 1 Pemerintahan, Ir Edy Mudumi, dalam pembukaan rapat mengatakan bahwa STC Telah di launching di Jakarta sejak 3 Februari 2023, maka perlu membentuk panitia tingkat Kabupaten, sehingga STC ini terarah, berguna dan dapat menjadi faktor peningkatan ekonomi di kawasan teluk cenderawasih.

Rapat ini adalah rapat awal, yang akan dilanjutkan dengan rapat anggaran dan kerja lainnya

Andre Woria
Foto : Humas Yapen

error: Konten dilindungi !!!