Ikatan Apoteker Indonesia Yapen dan Waropen Menggelar Konfercab

SAIRERINEWS.COM – Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC-IAI) Yapen dan Waropen menggelar Konferensi cabang yang dirangkaikan dengan seminar kefarmasian IAI.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula lantai 3 Hotel Mauren Serui, kamis (10/2/2023), yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen Erny Tania, S.IP mewakili penjabat Bupati kepulauan Yapen dan di hadiri oleh Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indoneisa Prov Papua, Kepala Dinas Kesehatan diwakili oleh Sekretaris Disnas, Direktur RSUD serui, serta Ketua-ketua organisasi profesi kesehatan.

Pada kesempatan itu, dalam sambutan penjabat Bupati yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah mengatakan, selaku pemerintah daerah pihaknya menyambut baik kegiatan konfercab dan seminar yang berlangsung dan berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan yang di inginkan, bertambahnya wawasan dan pengetahuan tenaga kefarmasian mengenai penggunaan obat sirup bagi bayi dan anak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen Erny Tania, S.IP mewakili penjabat Bupati kepulauan Yapen

Serta terpilih nya figur-figur yang kompeten dan profesional dalam wadah wadah ikatan apoteker Indonesia ikatan cabang kabupaten Kepulauan Yapen dan Waropen.

Seminar hari ini juga di pandang penting untuk di laksanakan mengingat beberapa waktu lalu beredar isu gagal ginjal akut pada anak akibat penggunaan obat kesediaan sirup, mengakibatkan rasa tidak aman bagi masyarakat untuk membeli obat sirup, dan merupakan tanggung jawab bersama.

Terlebih tenaga kefarmasian yang terjun langsung ke masyarakat oleh karena itu perlunya seminar untuk bisa memberi jaminan dan rasa aman kepada masyarakat tentang penggunaan obat kesediaan sirup, juga seminar ini sebagai media pembekalan dan edukasi bagi tenaga kefarmasian.

Selain itu beliau juga meminta agar semua peserta seminar dapat serius dan fokus pada materi materi yang akan di seminarkan, untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang akan berdampak peda pelayanan dan edukasi tenaga kefarmasian kepada masyarakat mengenai penggunaan obat sirup di kabupaten Yapen dan waropen.

Selanjutnya mengenai konfercab yang berlangsung hari ini saya selaku pihak pemerintah daerah, saya pesankan ” Agar pelaksanaan konfercab ini tetap mengedepankan prinsip Demokrasi, musyawarah & mufakat, serta berorientasi penuh kepada pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Artinya siapa pun figur yang nantinya terpilih dan ditetapkan untuk menahkodai ikatan apoteker Indonesia kabupaten Yapen dan Waropen 2022-2026 di dasari kesepakatan dan keputusan bersama dari seluruh peserta Konfercab, Untuk kemajuan organisai kedepan”

Dalam wawancara terpisah dengan ketua ikatan apoteker Indonesia cabang Kabupaten Yapen apt,Silvana.F.M.Nirahua,S.Farm menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap 4 tahun, yaitu pelaksanaan konfercap, untuk memilih ketua IAI yg baru, evaluasi serta rencana kerja di periode yang baru.

Kemudian di lanjutkan dengan seminar kefarmasian yang di bawakan oleh dr. Merlin Sembai S.pA Tentang pengunaan sirup yang baik untuk bayi dan anak. Kegiatan ini juga mengundang kurang lebih 150 orang namun yang dapat hadir hanya setengah dari undangan di karenakan pelayan kesehatan yang harus di laksanakan. (*)

Sumber : HUMAS YAPEN

error: Content is protected !!