Tangani Korban Gempa Pj Walikota Jayapura Terima 1 M dari BNPB Pusat

SAIRERINEWS.COM – Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu 11 Februari 2023, menyerahkan bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai 750 juta rupiah, juga bantuan logistik peralatan senilai 250 juta rupiah dan santunan kepada ahli waris para korban.

Pemberian bantuan tersebut, diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat Mayjen TNI Fajar Setyawan, mewakili Kepala BNPB Pusat, kepada Pemerintah Kota Jayapura, yang diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Frans Pekey.

BACA JUGA : Naik 5.4, Gempa Guncang Kota Jayapura ! Sejumlah Tempat Rusak

BNPB juga memberikan bantuan 3.000 Selimut, dan 3.000 Matras, juga 5 tenda untuk penanganan bantuan gempa bumi di Kota Jayapura, Papua.

“Selain itu kami juga membantu selimut 3.000 lembar dan matras 3.000 lembar serta 5 unit tenda yang saat ini dalam proses pengiriman untuk penanganan bantuan gempa bumi di Kota Jayapura,” ujar Mayjen TNI Fajar Setyawan.

Sebut Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, DSP sebesar Rp 750 juta guna mendukung operasional TNI-Polri serta instansi terkait dalam penanganan bantuan gempa bumi di Kota Jayapura.

BACA JUGA : BMKG Sebut 5,4 SR Gempa Kota Jayapura, Tidak Berpotensi Tsunami

“Kami juga segera melakukan asesmen terhadap bangunan-bangunan yang terdampak sehingga diketahui bangunan yang layak untuk ditempati seperti RSUD Jayapura agar segera bisa ditempati sehingga pelayanan bisa berfungsi sebagaimana mestinya,” ucap Fajar Setyawan.

Ia menuturkan, saat ini kondisi sudah mulai kondusif dan cukup terkendali karena penanganan dan pendampingan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Jayapura, pasca gempa bumi, Kamis (9/2) kemarin.

Pihaknya merasa perlu untuk memastikan sekaligus melakukan pemantauan dan pendampingan agar penanganan bencana berjalan optimal.

“Kami berharap media masa juga dapat memberikan pemberitaan yang baik agar masyarakat tidak panik,” pesannya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada BNPB dalam pemberian bantuan percepatan penanganan bencana gempa.

“Kami akan menggunakannya dengan optimal sehingga dalam penanganan bencana tim tanggap darurat berjalan maksimal,” tutur Frans Pekey

Penyerahan tersebut berlangsung di halaman RSUD Jayapura, Papua (*)

Richard/Lintas Papua

error: Content is protected !!