Naik 5.4, Gempa Guncang Kota Jayapura ! Sejumlah Tempat Rusak

SAIRERINEWS.COM – Gempa kembali menguncang Kota Jayapura dan sekitarnya, pada Kamis 9 Februari 2023 siang, berkekuatan Magnitudo 5,4.

Goncangan gempa sejak pagi magnitudo 2.9 dan berlangsung susulan dari 2 hingga 3 Mag, dan siang ini naik 5,4 membuat sejumlah tempat di Kota Jayapura rusak.

Objek vital seperti rumah sakit pun rusak dan pasien dievakuasi keluar gedung demi keselamatan. Seperti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok 2 Jayapura.

Pasien di Evakuasi keluar Gedung RSUD Dok 2 (ist) 9/2/2023

Tak hanya rumah sakit, gedung bertingkat lainnya pun dikabarkan retak dan juga deretan rumah makan di pinggiran pantai dok 2 runtuh. Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Yustus Rumakiek, membenarkan soal terjadinya gempa tersebut.

“Ya, untuk informasinya Gempa Mag:5.4, 09-Feb-23 13:28:02 WIB, Lok:2.60 LS, 140.66 BT (1 km Barat Daya Jayapura Papua), Kedalaman 10 Km” ucap Yustus Rumakiek.

Deretan Rumah Makan Pinggir Pantai Dok 2, Runtuh Akibat Gempa (ist) 9/2/2023

Yustus Rumakiek mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura.

Himbauan lain nya yang beredar di Kota Jayapura adalah tetap waspada, hindari kebakaran dan hindari penyebaran informasi yang berlebihan di sosial media hingga membuat kepanikan yang berlebihan. (*)

Eby

error: Content is protected !!