Pemda Yapen Terima Tim Audit BPK-RI, 25 Hari Pra Audit Laporan Keuangan Daerah T.A 2022

SAIRERINEWS.COM – Erny Renny Tania, S.IP., selaku Sekretaris Daerah kepulauan Yapen, menerima kembali kunjungan Tim pemeriksa BPK-RI Perwakilan Papua yang tiba di Kepulauan Yapen, Selasa 07/02/2023.

Kedatangan tim BPK perwakilan Papua ini adalah sebagai pra audit terhadap keuangan dan kinerja pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, yang direncanakan akan berlangsung selama 25 hari sejak hari ini hingga berakhir di 3 Maret 2023 mendatang.

Dalam sambutan Penjabat (Pj) Bupati Cyfrianus Y Mambay yang dibacakan langsung oleh Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah menyambut baik pelaksanaan Pra Audit tersebut yang direncanakan akan berlangsung selama 25 hari sejak hari ini hingga berakhir di 3 Maret 2023.

Dilansir dari Humas Pemda Yapen, Sekda menyebutkan bahwa disadari pra audit maupun audit terperinci adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, pada prinsipnya memiliki tujuan yaitu melakukan penilaian terkait kewajaran atau kelayakan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah.

Pada kesempatan pelaksanaan pra Audit kali ini, pemerintah daerah telah berusaha menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah daerah, kecukupan dalam pengungkapan dan penyajian laporan keuangan serta sistim pengendalian interen, sehingga diharapkan laporan keuangan yang disajikan dapat memberikan gambaran pelaksanaan APBD 2022 secara wajar.

Selanjutnya pemerintah Daerah juga siap untuk dilakukan audit atas laporan Keuangan pemerintah daerah Tahun anggaran 2022.

Diharapkan, lanjut Sekda, melalui pra audit ini dapat membantu dan memotivasi Pemerintah Daerah untuk bekerja lebih baik, lebih disiplin, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan laporan keuangan kedepan terutama dalam penggunaan aplikasi SIPD sehingga pelaporan keuangan ini tepat sasaran serta disatu sisi memberikan manfaat untuk kepentingan penyelenggara pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Dan pada sisi yang lain yaitu demo mempertahankan posisi Opini WTP BPK RI yang telah diperoleh oleh Kabupaten Kepulauan Yapen selama 7 kali berturut turut.

Lanjut Sekda menyebutkan bahwa Terkait dengan pelaksanaan pra audit ini maka kepada pimpinan OPD dan pejabat pengelola keuangan daerah, diminta perhatian atas beberapa hal.

Yang pertama selama pelaksanaan pra audit BPK RI berlangsung, para pejabat pengelola keuangan daerah agar proaktif dalam memberikan dokumen yang diminta oleh tim pemeriksa, selama pemeriksaan pra audit berlangsung pimpinan OPD diharapkan tidak meninggalkan Serui guna kelancaran proses pemeriksaan dan dapat selesai tepat waktu yang telah ditentukan.

Selain itu pra audit ini juga merupakan kesempatan untuk bisa melakukan konsultasi terkait permasalahan pengelolaan keuangan daerah, untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.

Pengendalian teknis BPK RI Perwakilan Papua, Ida Bagus Made Sudiartha dalam kesempatan arahannya juga menyampaikan bahwa dalam pemeriksaan intern ini melekat dan merupakan satu kesatuan dalam pemeriksaan rinci LKPD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen tahun anggaran 2022.

Pengendali teknis juga berharap kepada pejabat pengelola keuangan daerah untuk memenuhi apa saja yang menjadi permintaan dokumen dari tim pemeriksaan nantinya. Hal ini adalah kepentingan bersama guna mempertahankan opini yang telah dicapai.

Pra audit akan berlangsung selama 25 hari hingga 3 Maret mendatang, kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap tahun kepada pemerintah daerah. Apa yang dilakukan oleh tim BPK Tersebut sangat berpengaruh terhadap akuntabilitas keuangan daerah dan kualitas kinerja Pemerintah Kabupaten.

(Humas Yapen)/ Andre Woria

error: Content is protected !!