Relawan TIK Papua, Siap Dukung Suksesnya Sail Teluk Cenderawasih 2023

Relawan TIK Indonesia, saat Festival RTIK 2022.

SAIRERINEWS.COM – Pemerintah Pusat menetapkan kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 sebagai agenda wisata nasional, dimana pelaksanaannya kini dikoordinasikan oleh Kedeputian Pariwaisata dan ekonomi kreatif (Kemenkomarivest RI), guna meningkatkan kepercayaan investor serta menarik kunjungan pariwisata.

Waktu penyelenggaraan disepakati pada Agustus 2023 mendatang, sehingga tak jauh dari agenda nasional maupun internasional lainnya, seperti pertemuan tahunan GCF Task Force (Governors’ Climate and Forest Task Force – Satuan Tugas Gubernur untuk Hutan dan Perubahan Iklim).

Berkenaan dengan hal itu, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (Relawan TIK) Papua bersama Relawan TIK se Indonesia akan membantu publikasi guna suksesnya agenda ini.

Ketua Relawan TIK Papua Alldo Mooy,S.I.Kom mengatakan agenda STC merupakan hal yang patut didukung oleh semua pihak karena berdampak langsung kepada pembangunan daerah dan masyarakat.

“Secara umum kami akan membantu publikasi-publikasi secara masif untuk suksesnya agenda ini. STC sangat bermanfaat bagi masyarakat, juga mempromosikan wisata kabupaten Biak Numfor, Supiori, Yapen, Waropen, Sarmi bahkan juga Nabire dan sekitarnya yang ada di wilayah adat Saireri. Kami punya relawan TIK di kabupaten-kabupaten yang terlibat STC, sehingga otomatis kami akan dukung, baik RTIK Provinsi hingga Nasional ” tutur Alldo di Jayapura, 29/1/2023.

BACA JUGA : Februari Besok, Sail Teluk Cenderawasih 2023 akan Dilaunching di Jakarta

Alldo meminta kepada seluruh relawan TIK Indonesia untuk membantu publikasi-publikasi yang di produksi oleh panitia STC, baik melalui hashtag atau pun postingan konten-konten sosial media.

“Kami akan dukung, bentuk dukungan kami adalah memposting konten-konten STC di sosial media kami, ataupun viralkan hashtag STC 2023. Kami tidak tergolong panitia namun hal baik untuk masyarakat Papua, jiwa relawan kami ada disitu. Kami ingin buktikan bahwa Papua Aman, Papua Indah, Papua Damai dan menepis isu-isu seram tentang Papua, momentum STC adalah jalan untuk kami publikasi sumber daya wisata, perikanan dan sektor lainnya untuk membawa dampak perubahan bagi masyarakat asli Papua” pungkasnya.

BACA JUGA : Festival Teluk Cenderawasih di Gelar, “Yapen Sambut Sail Teluk Cenderawasih” Mendatang

Terkait dengan STC, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jeri A. Yudianto, mengatakan agenda nasional Sail Teluk Cenderawasih akan dilunching pada 1-3 Februari 2023 di Jakarta, oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten penyelenggara.

“Intinya kegiatan Sail Teluk Cendrwasih merupakan agenda kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten”.

“Sehingga memang diperlukan komitmen bersama, karena melalui even ini kita bakal mengenalkan potensi budaya dan tentunya potensi bahari yang ada di Papua supaya bisa dilihat semua orang secara nasional dan internasional,” terang Jeri, di Jayapura beberapa waktu kemarin usai mendampingi Plh Gubernur Papua menerima kunjungan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

BACA JUGA : Kemenparekraf Siap Dukung Suksesnya Sail Teluk Cenderawasih 2023

Dikutip dari papua.go.id, Jeri tambahkan, penyelenggaran Sail Teluk Cenderawasih mendapat atensi dari masyarakat, khususnya kabupaten penyelenggara, sebab berpotensi memberikan nilai tambah.

“Hanya memang terkait agenda-agenda pariwisata yang berada di Kabupaten di luar Provinsi Papua atau yang saat ini di DOB, diharapkan waktu kelender penyelenggaraannya bisa diatur secara bersama antar provinsi dan kabuten penyelenggara”.

“Supaya juga tidak terlalu berjauhan agenda pelaksanaannya, sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Provinsi Papua dan provinsi-provinsi lainnya di Pulau Papua,” tutupnya. (*)

error: Content is protected !!