Kemenparekraf Siap Dukung Suksesnya Sail Teluk Cenderawasih 2023

0
143

SAIRERINEWS.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyatakan siap mendukung suksesnya pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (SCT) tahun 2023 yang diagendakan akan dilakukan di Kabupaten Biak Numfor.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan EKonomi Kreatif Sandiaga Uno saat ditemui Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd di ruang kerjanya, di Jakarta, Kamis (26/01/2023) kemarin sore.

“Kami siap mendukung suksesnya pelaksaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di Kabupaten Biak Numfor,” demikian ditegaskan oleh Sandiaga Uno seperti yang ditiru oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onny Dangeubun, S.Pi.,M.Pd, seperti dilansir dari Cenderawasih Pos.

Pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih diharapkan menjadi pintu masuk Biak sebagai destinasi utama di Tanah Papua dan Pasifik, serta Bandara Antariksa menjadi kekuatan ekonomi wisata masa depan, khususnya untuk wisata luar angkasa.

Sementara itu, Bupati Herry Ario Naap menyampaikan apresiasi atas dukungan Kemenparekraf terhadap pembangunan sector pariwisata selama ini, dan sekaligus menyampaikan siap berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk membangun Parekraf di Biak Numfor.

Di depan Menparekraf dan jajaran pejabat eselon I ataupun II Kemenparekraf, Bupati menyampaikan komitmen Pemda Biak Numfor dengan afirmasi kebijakan dan anggaran yang jelas dan terukur bagi sektor parekraf.

“Melalui berbagai program, kami ingin menjadikan pariwisata sebagai core ekonomi bersama perikanan untuk masa depan Biak Numfor yang lebih baik kedepan,” ucap Bupati.

Sekedar diketahui, dalam pertemuan itu juga ada beberapa poin yang disampaikan dan diharapkan dapat ditindaklanjuti. Diantaranya, pariwisata dan Ekraf Indonesia dikembangkan dengan konsep sinergi dan integrasi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Pembangunan Destinasi, Pemasaran Wisata,.Penyelenggaraan Event dan Peningkatan Kompetensi SDM dan Sertifikasi Usaha dan Jasa Wisata menjadi Sasaran pengembangan Parekraf dengan pola Pentahelix.

BACA JUGA : Februari Besok, Sail Teluk Cenderawasih 2023 akan Dilaunching di Jakarta

“Pengembangan dan pembinaan Desa Wisata menjadi Brand dan Instrumen ekonomi wisata,” kata Bupati.

Terkait dukungan DAK bidang pariwisata, juga disampaikan bahwa dilakukan sangat selektif sesuai prioritas nasional, lokasi prioritas dan pemenuhan syarat umum dan teknis sesuai standart yang ditetapkan.

“Disampaikan oleh Pak Menteri dan Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, bahwa Biak Numfor adalah salah satu sample terbaik dalam pemenuhan standar DAK sehingga mendapatkan alokasi DAK bidang pariwisata tertinggi se Indonesia pada 2023 ini,” kata Kadis Pariwisata Onny Dangebun menambahkan.(*)

HUMAS PRO BIAK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini