Indahkan Instruksi Kemendagri Soal Inflasi, PJ Bupati Yapen Sidak Harga Pasar

enjabat Bupati kabupaten kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay melakukan sidak di pasar Aroro Iroro Serui, Jumat, 27/1/2023 (foto Humas Setda Yapen)

SAIRERINEWS.COM – Kementrian Dalam Negeri ( Kemendagri) di Jakarta, Selasa kemarin (24/1) mengadakan rapat Koordinasi tentang Pengendalian Inflasih Daerah secara Virtual diikuti oleh seluruh kepala daerah se Indonesia.

Kemendagri Tito Karnavian menekankan 8 Poin penting Presiden yang perlu di perhatikan oleh Pimpinan daerah se-Indonesia dimana diantaranya Inflasi, Persetujuan bangunan gedung, Turukan Kemiskinan ekstrem, Pemanfaatan ruang, Maksimalkan pengelolaan keuangan daerah, Menunjukkan keunggulan dan keunikan daerah, Stabilitas politik dan keamanan menjelang pesta demokrasi, dan Jamin kebebasan beragama.

MENJELANG PILKADA 27 NOVEMBER 2024

Mengindahkan perintah Presiden, Penjabat Bupati kabupaten kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay melakukan sidak di pasar Aroro Iroro Serui, Jumat, 27/1/2023.

Selain telah membentuk satuan tugas (satgas) yang melibatkan Dinas dan TNI/Polri, sidak pagi tadi PJ Bupati melihat secara langsung aktivitas jual beli dan meninjau harga barang yang menyumbang inflasi di kabupaten Kepulauan Yapen.

Dikutip dari humas Pemda Yapen, sidak dilakukan untuk mengecek langsung harga barang di pasar, sekaligus menindak lanjuti hasil Rakernas bersama kepala-kepala daerah,forkompimda seluruh Indonesia yang di pimpinan langsung oleh Presiden.

BACA JUGA : Pemda Yapen Siapkan Optimalisasi PAD Melalui Pengelolaan Sampah

Kemudian di tindak lanjuti dengan rapat bersama Kementrian Dalam Negeri yang menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah, dan forkompimda untuk memonitor dan sering mengevaluasi setiap harga dan ketersediaan stok bahan pokok yang ada di pasar dan juga survei harga barang- barang yang berkontribusi terhadap inflasi khususnya di kabupaten Yapen.

“Hasil yang kami dapati hari ini bahwa harga barang barang yang berpotensi berkontribusi terhadap inflasi,ternyata semua masih dalam standar normal,  malah ada yang mengalami penurunan harga,ini sesuatu yang luar biasa karna stabilitas harga barang yang di perkirakan berkontribusi bagi inflasi di Yapen masih dalam batas normal.” Ujar Pj Bupati saat di wawancarai.

BACA JUGA : PJ Bupati Mambay “Yapen Akan Jadi Lumbung Padi Bagi Papua Utara” Saireri

Selain pasar Aroro Iroro, Pj Bupati juga meninjau langsung harga dan ketersediaan stok di berberapa distributor yang ada di Serui.

Dalam kunjungannya ke Ddistributor-distributor dan Dolog, Pj Bupati meminta agar setiap distributor harus memiliki data dari suplayer mana-mana saja yang mengambil agar dapat menetapkan brans harga sampai ke pasar,sehingga tidak mengalami lonjakan harga yang tinggi.

Selain itu Pj Bupati juga akan membuat perda mengenai siapa saja yang berhak mendistribusi jenis barang sehingga pertanggung jawabannya ada, agar segala proses rantai perekonomian di kepulauan Yapen sesuai dengan yang di harapkan dan yang di mintakan oleh Presiden kepada kepala daerah.

BACA JUGA : Terkait 138 SK Esalon ! Pj Bupati Yapen “Kita Harus Paham Aturan dan Bersabar”

Untuk diketahui, Inflasi adalah proses meningkatnya harga secara umum dan terus-menerus sehubungan dengan mekanisme pasar yang dipengaruhi banyak faktor, seperti peningkatan konsumsi masyarakat, likuiditas di pasar yang berlebih sehingga memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, hingga ketidaklancaran distribusi barang.

Sidak langsung ini, turut hadir mendampingi Pj Bupati, Dinas koperasi, Kejaksaan, kepolisian, pengadilan dan perindkop. (*)

Sumber : Humas Pemda
Editor : Mark

error: Konten dilindungi !!!