Survei LSI “Ganjar Pranowo Unggul Sangat Jauh dalam Simulasi Pilpres 2024”

0
119

SAIRERINEWS.COM –  Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan memaparkan hasil survei, menyampaikan dalam simulasi pilpres dengan 19 nama kandidat itu Ganjar Pranowo unggul dengan perolehan dukungan sebesar 27,2 persen.

“Dalam simulasi 19 nama, seperti biasa, masih yang unggul adalah Ganjar Pranowo 27,2 persen,” kata Djayadi di Jakarta, Minggu (22/1/2023).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dalam simulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 7-11 Januari 2023.

Posisi berikutnya ditempati oleh sejumlah nama, di antaranya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan dukungan suara sebesar 16,8 persen, disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meraih 16 persen, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebanyak 7,2 persen.

Lalu, ada pula Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan dukungan suara sebesar 2,4 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapat 2,1 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih 1,8 persen, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperoleh 1,3 persen.

BACA JUGA : Sekjen PDIP ! Soal Kemungkinan Megawati Umumkan Capres 1 Juni 2023

Tingginya elektabilitas Ganjar itu, menurut dia, salah satunya disebabkan oleh tingkat kepercayaan publik yang meningkat terhadap kinerja Presiden RI Joko Widodo. Dalam survei itu, tingkat kepercayaan publik terhadap Jokowi mencapai 76,2 persen.

Basis dukungan terhadap Ganjar juga memiliki pola yang mirip dengan basis dukungan PDI Perjuangan, yaitu didorong oleh basis pemilih Jokowi pada Pilpres 2019.

Survei LSI tersebut menargetkan populasi warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Mereka dipilih sebagai responden dengan metode pemilihan sampel random digit dialing (RDD), yakni teknik memilih sampel melalui pembangkitan nomor telepon secara acak.

BACA JUGA : Herry Naap Siap Dilantik Sebagai Ketua DPD PDI-P Provinsi Papua

“Dengan metode itu, sebanyak 1.221 responden dipilih melalui pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening,” ujar Djayadi.

Toleransi atau batas kesalahan survei itu adalah sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“PDIP pada survei kali ini kami temukan (menempati posisi teratas) didukung oleh 21,9 persen (responden) kalau pemilu legislatif diadakan sekarang,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Di urutan kedua ada Partai Gerinda yang memperoleh dukungan sebesar 12,1 persen, Partai Demokrat 7,1 persen.

Djayadi mengatakan angka tersebut menjadi yang tertinggi dalam survei persepsi publik, terutama terkait tingkat kepercayaan atas kinerja presiden.

Tingginya kepercayaan publik terhadap kinerja Jokowi itu membawa dampak positif terhadap PDIP. (*)

AW/Rilis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini