Bahas Kesiapan Rencana Sail Teluk Cenderawasih, Bupati Biak dan Lainnya Bertemu Meteri

0
149

SAIRERINEWS.COM – Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd bersama dengan sejumlah bupati serta perwakilan bupati dari kembali melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, di Lantai 7 Gedung Kementerian Kelautan, Kamis (19/01/2023).

Pertemuan itu membahas berbagai potensi perikanan menjelang kesiapan kabupaten dikawasan Saereri dan sekitarnya menyikapi pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih yang diagendakan akan dilakukan akhir tahun 2023 ini.

Bupati Herry Ario Naap mengatakan, pertemuan dengan Menteri KKP itu dilakukan sebagai laporan dari kabupaten-kabupatan mendukung rencana pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih.

“Pertemuan kami dengan Pak Menteri Kelautan dan Perikanan dalah untuk pembahasan pengembangan potensi perikanan, termasuk bagaimana kesiapan pelaksanaan ekspor yang akan di lakukan oleh Presiden jokowi pada saat pembukaan Sail Teluk Cenderawasih nanti,” kata Bupati Herry Ario Naap.

Selain Bupati Biak, adapun Bupati, Wakil Bupati dan perwakilan dari masing-masing kabupaten Biak Numfor antara lain; Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi, Kadis Kelautan dan Perikanan Biak Effendi Igirisa, Sarmi – Didimus Warwe, Waropen – Maria Helena Ramandey dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Yapen Nikolas P. Imbiri.

Dalam pertemuan denagan Menteri Trenggono masing-masing kabupaten menyatakan kesiapannya. Kabupaten Biak Numfor misalnya yang siap dengan ikan jenis Tuna Blue Fin, Tuna Yellow Fin dan Rumput Laut.

Lalu Kabupaten Sarmi dengan Ikan Tengiri, Udang Vaname dsan Kepiting, sementara Kabupaten Waropen siap dengan Udang Tiger dan Kepiting. Kemudian Kabupaten Kepulauan Yapen siap dengan Ikan Baramundi dan Rumput Laut.

Dqlam kesempatan itu Menteri Kelautan menyampaikan apresasi dan ucapan terima kasih atas kunjungan para Bupati dan perwakilan kabupaten lainnya dalam rangka pengembangan potensi perikanan di kawasan Saereri dan sekitrnya.

“Kalau untuk emas biru pasti Kementrian Kelautan dan Perikanan siap mendukung 100 persen,” tandas Trenggono.

“Intinya pemerintah daerah siapkan lahan dan dalam waktu dekat pasti saya langsung datang ke Biak, Yapen, Waropen dan Kabupaten Sarmi,” lanjutnya.(*) HUMAS PRO BIAK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini